Gala dinner G20, Ternyata banyak Suvenir khas Indonesia dari UMKM

14 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Di luar agenda inti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Presiden Joko Widodo menggelar acara gala dinner bersama seluruh pemimpin negara anggota G20 yang hadir dalam KTT G20 Bali. Gelaran tersebut diselenggarakan di GWK atau Garuda Wisnu Kencana pada hari Selasa malam, 15 November 2022. Kegiatan ini menjadi puncak acara, hingga penutupan kegiatan presidensi yang digelar di Indonesia.

Para pemimpin negara di dunia yang tergabung dalam KTT G20 turut hadir memeriahkan gala dinner tersebut dengan mengenakan pakaian tradisional batik khas indonesia. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana selaku tuan rumah ikut menyambut meriah dengan mengenakan busana adat bali yang serasi dan dilengkapi aksesoris cantik buatan Indonesia.

Dalam acara gala dinner tersebut, para pemimpin negara KTT G20 disuguhi dengan beragam hidangan nusantara dengan tema “Ratna Munu Manikam”. Gelaran tersebut belangsung dengan sukses dan meriah, para pemimpin negara juga sangat menikmati hidangan serta pertunjukan yang disediakan.

Terlepas dari semua itu, ada satu hal yang menarik perhatian, dimana para tamu undangan KTT G20 juga dibekali oleh aneka cendera mata khas Indonesia. Bukan hanya dari Bali, melainkan cendera mata yang diberikan juga berasal dari daerah lainnya yang memang disiapkan untuk menjadi buah tangan para tamu undangan.

Cendera mata tersebut ialah hasil karya para UMKM di Indonesia. Setidaknya terdapat 20 UMKM lokal yang ditunjuk secara resmi untuk menjadi pemasok cendera mata dalam acara KTT G20 di Bali. Terdapat berbagai macam sektor UMKM yang ikut menjadi bagian dari acara besar tersebut, mulai dari kerajinan tangan, fashion, tas, custom packaging, hingga kuliner.

Kehadiran produk buatan UMKM Indonesia di acara KTT G20 ini akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi seluruh delegasi yang mengikuti rangkaian pertemuan tingkat tinggi ini, karena keindahan, keunikan, kekayaan, hingga keberagaman budaya pada cendera mata yang menjadi buah tangan. Melalui acara ini, kerajinan dan produk lokal Indonesia diharapkan dapat mampu memasuki dan bersaing dalam pasar global.

Pilihan produk lokal dari umkm tersebut, menjadi komitmen negara dalam menumbuh kembangkan produk buatan dalam negeri, khususnya bagi produk UMKM dengan mengangkat dan menyediakan panggung bagi seluruh karya unggulan dan kebanggaan Bangsa Indonesia.

Article is not found
Article is not found