Pentingnya Rasio Keuangan untuk Keberlangsungan Usaha

15 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Rasio keuangan merupakan salah satu komponen utama dalam menjalankan suatu usaha, baik dalam skala yang besar ataupun skala kecil seperti UMKM. Rasio keuangan ini menjadi tolak ukur bagi pelaku usaha dalam mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan keuangan dalam proses usaha yang dijalankan. Selain itu, rasio keuangan juga memiliki peranan penting dalam mengukur sejauh apa perkembangan usaha dalam mencapai target hingga kemampuan bersaing dengan kompetitor.

Dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, rasio keuangan memiliki peranan penting untuk keberlangsungan usaha. Dengan adanya rasio keuangan, pelaku usaha ataupun manager usaha dapat dimudahkan dalam memahami eksekusiyang harus dilakukan dalam berusaha serta bagaimana mengambil keputusan-keputusan yang baik dalam jangka panjang atau dimasa yang akan datang. Terkait hal ini, ada beberapa manfaat lainnya dari rasio keuangan bagi pelaku usaha, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat melihat sejauh apa kinerja usaha dalam suatu periode
  • Menjadi acuan evaluasi usaha, baik dalam supplier, peralatan, proses produksi, hingga pekerja
  • Menjadi acuan bagi para investor untuk memilih perusahaan
  • Sebagai bahan dasar pertimbangan bagi para kreditur
  • Membantu mengetahui efektivitas strategi bisnis yang telah diterapkan
  • Membantu menganalisis kekuatan bisnis serta kemampuan daya saing dengan kompetitor
  • Sebagai rujukan audit internal baik dari sektor keuangan operasional, hingga sektor lainnya
  • Dapat membantu mengetahui nilai kewajaran keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Dari begitu banyak manfaat yang disebutkan, sudah sangat jelas bahwa rasio keuangan memiliki peranan penting dalam menjalan kan usaha. Untuk itu, para pelaku usaha diharuskan untuk membuat analisis rasio keuangan selama menjalankan usahanya. Adapun, 2 metode analisis rasio keuangan yang cocok bagi pelaku UMKM, yaitu:

  • Time Series and Forecasting

Metode analisis yang dibuat untuk membandingkan kondisi keuangan dalam periode tertentu. Nantinya, hasil analisis dapat membuat perkiraan kondisi keuangan bisnis atau usaha di masa yang akan datang.

  • Common Size

Metode analisis yang dilakukan hanya dengan mempelajari 3 laporan keuangan utama, yaitu laporan arus kas, neraca, dan juga laporan laba rugi. Nantinya, metode analisis ini bisa membantu pelaku usaha untuk mencari tahu dampak atau pengaruh dari setiap item hingga kondisi keuangan usaha secara keseluruhan.

Demikian informasi mengenai pentingnya rasio keuangan yang Sobat Pajak bagikan bagi pelaku UMKM. Sekarang, saatnya pelaku UMKM untuk mulai menerapkan pada usaha yang sedang berlangsung agar kalian dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan finansial dalam usaha dari beberapa tahun sebelumnya hingga di masa yang akan datang.

Article is not found
Article is not found