Pentingnya Membangun Strategi Dalam Menghadapi Pasar Global

16 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini, usaha jenis UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah tengah banyak diminati masyarakat. Sehingga dapat dikatakan, bahwa sektor UMKM menjadi kelompok usaha terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, UMKM juga menjadi salah satu sektor yang memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Indonesia.

Menjadi pilar perekonomian negara, UMKM dinilai menjadi salah satu sektor usaha terkuat dalam mengahadapi krisis global. Meski demikian, tak menutup kemungkinan bahwa UMKM tidak mampu menghadapi situasi tersebut mengingat pasar global bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, sangat penting bagi UMKM untuk membangun strategi yang tepat dalam mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dalam mengahadapi pasar global. Berikut adalah beberapa strateginya yang wajib dibangun dalam menghadapi pasar global:

  • Produk

Menentukan produk yang akan dipasarkan ataupun dijual merupakan hal terpenting. Khususnya bagi UMKM, lantaran ini menjadi langkah awal sebelum bisnis dijalankan. Terkait hal tersebut, produk yang akan dijual ataupun dipasarkan diharuskan menyesuaikan dengan kebutuhan semua konsumen. Sebelum memasarkan produk ada baiknya pelaku usaha melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk apa saja yang sedang tren atau sedang diminati, dan melihat seberapa besar peluang pasar yang akan dicapai termasuk juga dalam membuat kualitas.

  • Harga

Menentukan harga juga menjadi bagian terpenting agar usaha yang dijalankan dapat meraih keuntungan. Terkait hal tersebut, ada baiknya pelaku usaha terlebih dahulu melakukan perhitungan seluruh total dari semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Adapun, beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan harga, misalnya berdasarkan permintaan konsumen hingga harga produk dalam pasarnya.

  • Tempat

Sudah bukan hal baru lagi bagi para pelaku usaha bahwa penentuan tempat atau lokasi menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjalankan usaha. Dengan memiliki tempat atau lokasi usaha yang strategis, maka kemungkinan besar produk yang dipasarkan atau dijual akan laris atau cepat terjual.

  • Promosi

Dalam perkembangan di era digital ini, promosi menjadi salah satu bagian terpenting bagi setiap pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Promosi menjadi langkah yang sangat tepat dalam memperkenalkan produk yang akan dijual. Namun, dalam melakukan promosi pelaku usaha harus melakukan riset terlebih dahulu pada siapa yang menjadi target pasarnya. Selain itu, pelaku usaha juga harus pintar dalam mengemas konten promosi yang dilakukan, baik melalui media online maupun offline.

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

Suksesnya usaha bukan hanya dari kualitas produknya saja, melainkan orang yang berada di belakangnya. Terkait hal tersebut, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk memilih dan melakukan seleksi terhadap calon karyawan atau pekerja. Dengan adanya kualitas produk yang baik dan diiringi oleh Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, maka usaha yang dijalankan akan berjalan dengan baik serta dapat memperoleh keuntungan yang cukup signifikan atau bahkan lebih.

Dengan demikian, apabila strategi yang telah dijelaskan sebelumnya terbangun dalam usaha anda, maka jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan membuat manajemen keuangan UMKM yang baik.

Manajemen yang dilakukan tentunya berfungsi dalam mencatat seluruh transaksi, melakukan perancangan, pemeriksaaan, penganggaran, pengendalian, pengelolaan, pencarian hingga penyimpanan keuangan. Nantinya usaha yang dijalankan akan berjalan dengan baik dan segala potensi risiko dapat terminimalisir terlebih dalam menghadapi pasar global.

Article is not found
Article is not found