Sektor Usaha Ini Disebut Bakal Mampu Bertahan Hadapi Resesi

21 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing Eddy Satria mengatakan, bahwa UMKM yang mampu bertahan menghadapi resesi salah satunya adalah UMKM di sektor kuliner.

Mengapa demikian? sebab, sektor kuliner masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat lantaran menyangkut kebutuhan pokok. Terlebih penduduk Indonesia memiliki jumlah konsumsi yang besar terhadap makanan dan bahan-bahan pokok.

Oleh karena itu, Eddy Satria meminta para pelaku UMKM untuk tetap aktif menjalankan usahanya di tengah ancaman resesi. Jika UMKM tidak menjalankan usahanya, justru akan memperburuk situasi bahkan juga bisa menimbulkan pengangguran dan dampak-dampak lainnya.

Guna membantu para UMKM bertahan di tengah ancaman resesi, pemerintah tak henti memberikan fasilitas-faslitas bimbingan dan pelatihan. Seperti contohnya, terkait Nomor Induk Berusaha (NIB), lalu bimbingan dan pelatihan mengenai bagaimana agar suatu produk bisa BPOM, HAKI, dan bersertifikasi halal.

Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa membantu pelaku usaha terkait pendanaan dan permodalan. Diharapkan dengan ini, UMKM mampu terus berekspansi dan bertahan di tengah ancaman resesi. Sedangkan, untuk usaha yang bisa dilakukan ekspor akan difasilitasi dan dibantu oleh bank-bank tertentu.

Article is not found
Article is not found