Mitos Fakta Wirausahawan

Sobat Pajak | 2022-15-11 17:49:24 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Seiring berkembangnya jaman, sudah banyak orang kini yang menjadi wirausahawan. Wirausahawan merupakan seseorang yang menjalankan suatu bisnis yang baru dirintis dengan memikirkan konsep awal dari produk nya hingga proses produksinya. Apakah kamu merupakan salah satu wirausahawan?

Sebelum kamu menjadi wirausahawan pasti kamu pernah mendengar beberapa hal yang menyampaikan statement nya mengenai wirausaha. Apakah semua statement yang dikatakan itu benar? Yuk simak artikel dibawah ini.

Ciri-Ciri Wirausaha

  1. Memiliki rasa percaya diri, wirausahawan harus memiliki rasa percaya diri dalam menjalankan bisnisnya karena jika wirausahawan memiliki rasa itu maka bisnis yang dijalaninya akan berprogress kedepannya.
  2. Berorientasi pada tugas dan hasil, bagi wirausahawan diperlukan seseorang yang menekuni pekerjaan serta tugas yang dilakoni nya untuk mendapatkan hasil yang baik juga. Jika suatu pekerjaan dikerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasil yang baik juga.
  3. Pengambilan resiko, bagi wirausahawan tentunya membutuhkan rasa keberanian dalam mengambil resiko. Tetapi tidak hanya itu, ketika wirausahawan berani mengambil resiko, maka wirausahawan juga harus bisa mempertimbangkan atas resiko yang diambil dan dapat mengatasi resiko tersebut.
  4. Kepemimpinan, bagi wirausahawan memiliki sifat kepemimpinan itu diharuskan untuk dapat menjalankan perannya dalam kegiatan mengatur pengadaan dalam bahan produksi, pengolahannya, pemasaran, hingga penjualan.
  5. Keorsinilan, bagi wirausahawan perlu memiliki kemampuan untuk berpikir serta bertindak dengan leluasa dan kualitas dalam menjadi sesuatu yang baru.
  6. Berorientasi pada masa depan, bagi wirausahawan tentunya harus memiliki kemampuan dalam melihat peluang serta kondisi yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Ketika dapat berorientasi pada masa depan, wirausahawan akan muncul ide kreatif serta inovatif dalam bisnisnya.

Mitos Fakta Wirausaha

Banyak mitos mitos bertebaran mengenai hal-hal yang harus dimiliki oleh para wirausaha, yuk simak apa saja sekiranya mitos tersebut:

  1. Lahir untuk menjadi pengusaha

Menjadi wirausahawan tentu harus memiliki keterampilan sesuai dengan bidangnya, dan tentunya itu tidak langsung dimiliki ketika baru lahir. Sehingga tidak ada seseorang yang lahir memang untuk ditakdirkan menjadi wirausahawan. Semua hal berbalik kepada diri kita dan memanfaatkan keterampilan yang kita miliki.

  1. Harus memiliki modal besar

Semua hal yang dilakoni tidak semata-mata hanya dilihat dari seberapa besar usaha tersebut dibangun dengan modal. Tetapi juga dilihat dengan bagaimana skill yang dimiliki oleh seorang wirausahawan. Karena jika hanya dengan modal yang besar tapi tidak memiliki skill dan tidak bisa memanage sebuah usaha tersebut, maka usaha tersebut tidak akan berkembang.

  1. Bisnis berkembang dengan instan

Tidak ada hal yang terjadi dengan instan, semua pasti dilakukan dengan proses. Begitupun mengenai bisnis yang dilakoni oleh seorang wirausahawan, tidak langsung berkembang dengan pesat, pasti ada proses sulit yang dilalui oleh seorang wirausahawan tersebut yang bahkan mungkin tidak terlihat di depan umum.

  1. Lulus dari sekolah bisnis

Menjadi wirausahawan yang lulus dan memiliki gelar bisnis adalah suatu nilai tambah bagi wirausahawan tersebut, namun bukan berarti seorang wirausahawan harus dari lulusan bisnis dan memiliki gelar bisnis. Karena seorang wirausahawan yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam bidang tersebut, tidak dilihat dari apakah seorang wirausahawan tersebut memiliki gelar.

  1. Sekali gagal akan terus gagal

Melakoni sebuah bisnis tidak ada yang langsung berhasil. Berhenti dalam suatu bisnis bukan berarti tidak ada kesempatan dalam bisnis lain. Karena kegagalan adalah awal dari sebuah perjalanan menuju kesuksesan. Gagal dalam bisnis A maka bukan berarti akan gagal pada bisnis selanjutnya.

Lalu sikap bagaimanakah yang dapat menjadikan wirausaha yang berhasil? Memiliki visi dan misi yang terarah adalah hal utama yang harus dimiliki, karena jika sebuah usaha atau bisnis telah memiliki visi dan misi maka suatu bisnis akan memiliki tujuan dan dapat mengetahui apa tujuan dari bisnis tersebut. Selain itu seorang wirausahawan tentunya dapat mengatur keuangan, karena sebuah usaha jika keuangan yang tidak bisa dikontrol maka berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah usaha tersebut. Dan yang terpenting seorang wirausahawan harus memiliki rasa saling menghargai karena sebuah usaha tidak terlepas dari bantuan berbagai belah pihak. Menjadi seorang yang menghargai orang lain maka akan dihargai oleh orang lain juga, sehingga dapat memberikan timbal balik yang baik juga terhadap suatu usaha kita.

Article is not found
Article is not found