Menteri Keuangan Sebut Perempuan dan UMKM Dorong Perekonomian Indonesia

Sobat Pajak | 2022-10-11 18:09:12 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan majunya perempuan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menandakan kemajuan ekonomi Indonesia.

Pasalnya, peranan dan konribusi UMKM dalam perekonomian nasional tahun 2021 mencapai 61%. Sementara itu, 99% dari 6,42 juta UMKM di Indonesia berada di level mikro dan 57% dikelola oleh perempuan.

Melihat besarnya kontribusi UMKM terutama perempuan terhadap perekonomian Indonesia, pemerintah akan terus mendorong dan memberikan berbagai fasilitas serta menggunakan instrumen kebijakan dan pembiayaan yang ditujukan kepada UMKM terutama para perempuan di Indonesia.

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa pemerintah hadir saat UMKM dihadapkan pada keterbatasan akses permodalan. Salah satu contohnya adalah Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa diakses oleh UMKM melalui perbankan dan lembaga keuangan bukan bank termasuk koperasi.

Pemerintah mencatat, sampai saat ini lebih dari 6 juta UMKM telah memperoleh KUR dengan subsidi bunga yang tentu diharapkan akan meningkatkan kemampuan usaha mereka.Berikutnya, ada juga program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang membuka penyaluran kredit dalam jumlah terbatas namun memiliki fleksibilitas, baik dalam administrasi maupun aksesnya.

Tercatat, 95% atau lebih dari 6,4 juta penerima pembiayaan UMi adalah perempuan loh. Tidak hanya itu, program ini juga memberikan pendampingan yang bisa membantu UMKM dalam mengembangkan keterampilan dan usaha mereka.

Di samping itu, pemerintah terus mengembangkan ekosistem digital Indonesia baik di bidang infrastruktur maupun akses layanan digital. Terlebih dengan teknologi digital bisa membantu UMKM di bidang pendanaan dan pemasarn.

Sebab, dengan teknologi digital, transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan secara real time. Artinya ini akan mengatasi masalah jarak dan waktu.

Article is not found
Article is not found