Transaksi Capai Rp. 35 M, Intip Kesuksesan UMKM Binaan Pertamina DiTrade Expo Indonesia 2022

3 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Sebanyak 50 UMKM binaan Pertamina telah mengikuti dan memeriahkan ajang Trade Expo Indonesia 2022 atau di singkat TEI 2022 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang pada tanggal 19 – 23 Oktober 2022. Dalam keterlibatan tersebut, UMKM binaan Pertamina ini sukses mencapai Rp. 35 miliyar dalam transaksinya.

Keikutsertaan UMKM binaannya tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina sebagai Badan Usaha Mlik Negara (BUMN) dalam mencapai poin ke delapan pada Sustainable Development Goals (SDGs), yakni dalam menyediakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi hingga implementasi dari program berbasis Environment, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah Pertamina.

Selama ajang TEI 2022 berlangsung, seluruh UMKM binaan Pertamina yang mengikuti dan memeriahkan acara tersebut mendapatkan beragam respon positif serta mendapatkan kesempatan yang baik lantaran banyak dikunjungi oleh pembeli potensial, termasuk pembeli dari mancanegara (luar negeri). Hingga hari terakhir acara tersebut, telah tercatat sebanyak Rp. 35 miliyar atau jika dipersentasekan menjadi 500% pertumbuhannya dibandingkan pada acara TEI di tahun 2019 dengan jumlah transaksi pada saat itu sejumlah Rp. 7 miliyar.

Fajriyah Usman selaku VP CSR & SMEPP Pertamina mengatakan, bahwa nilai yang dicapai pada transaksi di TEI 2022 ini dilakukan oleh pembeli yang berasal dari luar negeri (mancanegara) dengan tujuan ekspor seperti negara Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Turki, Arab Saudi, Canada, Jamaica, Norwegia, hingga Spanyol. Peningkatan transaksi ini diperkirakan akan terus bertambah sejalan dengan terealisasinya beberapa kesepakatan atau kontrak dagang dari para pembeli yang tengah melakukan negosiasi dengan UMKM binaan Pertamina.

Usman menambahkan UMKM yang ikut serta dalam acara TEI 2022 ini berasal dari berbagai kota di Indonesia mulai dari Tangerang, Bali, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Ternate, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Ternate, hingga Riau. Adapun, produk yang dipamerkan, mulai dari fashion, food and beverage, handcraft atau craft, beauty and health, hingga jewerly yang tentunya memiliki kualitas, mutu, serta level yang sesuai dengan kebutuhan pasar global hingga saat ini.

Dari pemaparan hingga pencapaiannya, bisa dikatakan pencapaian dari UMKM binaan Pertamina ini terbilang sangat sukses. Hal serupa pun turut diungkapkan oleh pemilik Mbah Hardjo Food Bambang. Dimana beliau menyampaikan bahwa produknya berhasil mendapatkan pesanan dengan total Rp 11 miliar untuk makanan kalengan siap saji.

Article is not found
Article is not found