Produk UMKM RI Dipasarkan ke Pasar Eropa

Sobat Pajak | 2022-02-11 10:47:43 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - SGT Handels GmbH, perusahaan ekspor-impor yang berbasis di Bern, Swiss, bersama Perhimpunan Alumni Bumi (PBA), memperkenalkan produk UMKM alumni Indonesia ke pasar Eropa melalui Swiss Market Access.

Winitiro Ramadhani, CEO SGT Handels GmbH, menjelaskan pihaknya berharap akses pasar di Swiss juga akan membuka pasar Eropa. Ia dan timnya melihat marketplace yang dibangun oleh komunitas alumni UMKM PBA dan melihat potensinya sebagai galeri online yang dapat diakses oleh konsumen luar negeri.

“Oleh karena itu, disarankan untuk membuat payment gateway agar konsumen di luar negeri dapat melakukan transaksi,” ujarnya, Minggu (16/10/2022). Sementara itu, Ary Zulfikar (Azoo), presiden Ikatan Alumni Bumi, mengatakan hal ini tidak lepas dari perkembangan Persatuan Alumni Bumi (PBA) yang membutuhkan terobosan dalam pengembangan pasar produk UMKM Go International. 

PBA sebelumnya menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan Korea pada peringatan PBA pertama, Prime Global Network Co. GmbH. Azoo juga menekankan bahwa di era transformasi digital ini, pasar menjadi kekuatan utama untuk memperkenalkan produk UMKM ke pasar global.

Muhammad Yudi Umari, CEO dan Founder Joint Dreams Movement, optimistis UMKM Indonesia dapat bangkit dan berdaya saing global jika memahami kebutuhan pasar global Dia mengatakan, salah satu tantangan dalam mengekspor produk Indonesia, terutama untuk usaha kecil, adalah kurasi, kontrol kualitas, dan pembiayaan.

Mengkurasi dan memilih produk yang dibutuhkan di pasar global ini bukanlah tugas yang mudah karena kami memiliki kriteria dan preferensi sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan konsentrasi untuk menangkap peluang yang ada di depan Anda. 

Sebagai akselerator khusus untuk UMKM dan UMKM berorientasi ekspor dengan produk yang berdaya saing global, Movement of Dreams Together melakukan survei industri dan bertemu dengan berbagai pelaku pasar untuk mengembangkan ekspor Kami telah mengidentifikasi 9 produk hebat untuk diprioritaskan.

produk unggulan tersebut yaitu Sarang burung walet, ikan patin, rumput laut alternatif minyak sawit, gula kelapa dan gula aren, air kelapa kemasan, kayu manis, kayu olahan untuk dekorasi rumah; dan minyak asiri.

Article is not found
Article is not found