Tips dalam Mendirikan Bisnis Cafe yang Efektif

Johan Budi | 2022-02-11 10:47:34 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini, bisnis kafe sudah cukup menjamur di Indonesia. Keberadaan sebuah kafe saat ini memang sudah tidak terpisahkan dari gaya hidup sebagian besar masyarakat kota yang ingin melepas lelah setelah bekerja seharian penuh di tempat yang nyaman. Kafe menjadi tempat dimana banyak orang berkumpul, bersantai menikmati hidangan hingga melepas penat dari kegiatan rutinitas harian. Dengan ruang yang nyaman serta sajian minuman dan makanan yang mendukung, kafe menjadi tempat yang nyaman dan banyak dikunjungi orang. Saat ini sendiri kafe memang telah menjadi fenomena dan gaya hidup serta tren, terutama bagi kalangan muda.

Adanya kenyataan ini, membuat bisnis kafe dapat menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Tips Mendirikan Bisnis Kafe

Saat ini sudah banyak usaha cafe yang berdiri. Hal ini tentu membuat persaingan dalam bisnis ini semakin kompetitif. Perlu kiat-kiat dan tips-tips yang tepat sasaran agar bisa memenangkan persaingan dalam usaha kafe yang memang sedang diminati oleh banyak orang. Berikut Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendirikan bisnis kafe:

  • Memilih tempat yang ramai dan nyaman

Tips pertama dalam membangun usaha cafe agar ramai pengunjung adalah dengan menentukan tempat yang strategis dan ramai. Namun, seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke kafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup. Oleh karena itu, kafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Buatlah konsep yang unik untuk kafe Anda, sehingga kafe Anda menjadi tempat yang instagramable atau menarik dan mudah untuk menjadi tempat berfoto bagi pengunjung. Desain sebuah kafe juga akan menentukan penilaian pengunjung terhadap cafe tersebut.

  • Menyiapkan dekorasi toko yang minim biaya, namun estetik

Seperti yang sudah disebutkan di poin atas, desain interior juga sangat penting dalam penilaian pengunjung terhadap sebuah cafe. Untuk membuat desain interior yang menarik tidak harus dengan menggunakan perlengkapan yang mewah. Selain itu perlengkapan makan yang digunakan juga menggunakan perlengkapan yang menarik. Desain interior yang cantik juga membuat cafe menjadi tempat yang diminati oleh anak-anak muda penggiat media sosial.

  • Membeli bahan baku secara grosir

Untuk menghemat pengeluaran dari menu yang disajikan, Anda bisa membeli bahan baku makanan dan minuman yang akan disajikan ini dari pedagang grosir. Pedagang grosir akan memberikan harga yang lebih murah. Selain itu, membeli pada pedagang grosir bisa dilakukan dalam jumlah banyak. Mengingat usaha cafe umumnya selalu ramai, maka membeli bahan baku makanan dan minuman dalam jumlah banyak tentu lebih tepat.

  • Menyediakan makanan dan minuman yang lezat dan menarik

Selain desain tempat yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu memerhatikan menu dan cita rasa makanan yang Anda tawarkan dalam kafe. Makanan yang memiliki cita rasa enak tentu membuat pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke kafe Anda secara terus menerus. Pastikan bahwa rasa menu sajian di kafe Anda memiliki cita rasa yang tinggi. Hal berikutnya terkait sajian yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan. Tidak hanya sekedar kebersihan tempat, kebersihan dari makanan juga perlu Anda perhatikan.

  • Memanfaatkan Social Media sebagai Strategi Pemasaran yang Efektif dan Murah

Sebuah bisnis akan selalu membutuhkan pemasaran atau marketing agar bisnisnya dapat dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Anda perlu menerapkan strategi pemasaran bisnis cafe yang tepat dengan biaya yang sedikit.

  • Memberikan pelayanan yang terbaik dan menyediakan fasilitas pembayaran digital

Pelayanan merupakan sesuatu yang bisa diusahakan tanpa biaya. Dengan memberi pelayanan yang baik dan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman berada di kafe milik Anda. Dengan begitu, mereka berkemungkinan akan merekomendasikan kafe kepada teman-teman atau orang terdekat mereka sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan. Pelayanan terbaik akan selalu menimbulkan kesan yang baik pada sebuah bisnis.

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan metode pembayaran yang menggunakan teknologi digital karena pengunjung kafe didominasi oleh anak muda. Dengan menyediakan pembayaran digital, seperti menggunakan mesin edc, QRIS, atau E-money tentunya akan mempermudah mereka dalam melakukan pembayaran.

  • Membuat pembukuan usaha

Yang terakhir tidak kalah penting adalah membuat pembukuan usaha. Pencatatan setiap transaksi, baik itu pengeluaran dan pemasukan harus tersusun dengan rapi dalam pembukuan sehingga Anda bisa mendapatkan data yang jelas dari bisnis cafe yang Anda sudah jalani. Dengan data ini Anda bisa mengetahui apakah bisnis yang Anda jalankan mengalami keuntungan atau kerugian, juga Anda bisa melakukan improvisasi pada strategi bisnis yang belum efektif.

Itulah beberapa tips dalam mendirikan bisnis kafe, walau mendirikan kafe memang membutuhkan modal yang besar, Anda bisa mencari akal dengan memperkecil biaya pengeluaran dengan berbagai cara, seperti menggunakan halaman rumah sebagai tempat kafe atau memperbanyak promosi melalui media sosial.

Article is not found
Article is not found