Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Kolaborasi UMKM dengan Usaha Besar

Sobat Pajak | 2022-02-11 10:47:33 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menekankan pentingnya kerjasama antara Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan perusahaan besar untuk bersama-sama membangun Indonesia yang bersatu, Presiden meyakini bahwa permasalahan yang dihadapi Indonesia bahkan dunia di masa sekarang, dapat diselesaikan, jika semua faktor terlibat dalam pembangunan ekonomi nasional.

Presiden mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk mengalokasikan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk dibelanjakan pada barang-barang nasional.

Pemerintah melalui Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk melakukan pengadaan produk dalam negeri. Target anggaran produk dalam negeri yang ditetapkan pemerintah belum tercapai, namun Presiden Jokowi meyakini kapasitas produksi UMKM akan meningkat, jika anggaran bisa tercapai 100%.

Lebih lanjut, di sektor hilirisasi industri, Presiden Jokowi juga mencontohkan pemerintah terbuka terhadap investor yang akan menanamkan modalnya di dalam negeri, Namun, industri lain juga bisa bermitra dengan pengusaha lokal. Presiden Jokowi pun juga mencontohkan bahwa endorsement merupakan salah satu kunci kemajuan Indonesia.

Menurut Presiden, hal itu dikarenakkan pajak, bea keluar, royalti, dan penerimaan negara (PNBP) akan masuk ke dalam negeri, Bahkan, beberapa pakar mengungkapkan sejumlah manfaat bagi anggota UMKM saat berkolaborasi di era digital saat ini, di antaranya ialah:

  1. Mempelajari hal-hal baru

Melalui kerjasama tentunya ada hal-hal baru yang dapat dipetik dari bekerja sama dengan pihak lain, sehingga dapat berkontribusi untuk bisnis yang semakin maju.

  1. Membangun jaringan

Perluasan pasar yang telah dicapai sebelumnya. Jika di masa lalu sulit karena berbagai kendala, kerjasama akan memudahkan beberapa tugas yang bisa dilakukan bersama.

  1. Meningkatkan reputasi perusahaan

Bermitra dengan merek atau orang yang sudah memiliki reputasi baik pasti akan membawa ketenaran bagi bisnis.

  1. Lebih mudah untuk mendengarkan umpan balik konsumen dan pelanggan

Kolaborasi memungkinkan banyak konsumen dan pelanggan untuk mendengar suara mereka dan melakukan perbaikan.

  1. Lakukan perubahan positif

Hal-hal positif akan dicapai melalui kerjasama, dimana kita bisa saling belajar, meningkatkan reputasi dan membangun jaringan.

Article is not found
Article is not found