QRIS akan Jadi Sistem Pembayaran 5 Negara Asean pada 2023

Johan Budi | 2022-02-11 10:47:07 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan sistem pembayaran lintas batas bakal hubungkan 5 negara di kawasan Asean pada 2023. Kelima negara Asean yang dimaksud adalah Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Indonesia. Langkah ini ditempuh sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyambungkan sistem pembayaran Indonesia ke dunia, yang dimulai dari kawasan Asean.

Dalam Konferensi Internasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Perry mengungkapkan Indonesia sudah menghubungkan sistem pembayarannya dengan Thailand. Selanjutnya, Indonesia akan menghubungkan sistem pembayarannya dengan Malaysia dan Singapura dalam waktu dekat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono juga mengungkapkan bahwa QR Cross-border berperan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, dan menjaga stabilitas makro ekonomi dengan memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal. Lebih lanjut, Doni P. Joewono menyampaikan bahwa Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand (BOT) telah melakukan uji coba QR Cross-border yang memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan.

QRIS yang selama ini lazim digunakan di Indonesia bisa menjadi alat transaksi antar negara, terutama ASEAN. Jika sudah diimpelementasikan penuh, nantinya masyarakat bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran cross border QR, berupa fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang mendukung pariwisata dan UMKM domestik.

Article is not found
Article is not found