Cara Mempacking Barang agar Sampai Tujuan dengan Aman

Johan Budi | 2022-02-11 10:46:55 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Mengetahui cara packing barang agar aman sangatlah penting karena kondisi barang yang Anda kirim dapat terjaga dengan baik sampai ke tujuan. Cara yang ada di bawah ini akan semakin penting bagi para pemilik online shop. Karena setiap transaksi yang ada pasti memakai jasa pengiriman paket tersebut.

Apabila konsumen mendapatkan pengalaman negatif saat menerima paket, hal itu berpengaruh pada reputasi dan kelangsungan toko. Oleh karena itu, packing barang yang tepat sangatlah penting untuk diperhatikan.

Cara Packing Barang dengan Benar

Terdapat beberapa cara agar barang yang dikemas bisa aman dan tidak rusak dalam pengiriman. Cara ini sebaiknya tidak terpisah dengan lainnya agar bisa memberikan keamanan yang tinggi. Cara ini tentunya wajib diterapkan untuk pengusaha online karena yang mayoritas barangnya harus dipacking dan dikirim kepada pelanggan dari berbagai daerah. Berikut beberapa cara mempacking barang agar aman dan terhindar dari kerusakan:

  • Memperhatikan Jenis Barang

Setiap barang pastinya memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak bisa menerima perlakuan yang sama. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda akan mengirim barang. Anda perlu memperhatikan material barang, apakah termasuk barang pecah belah, cairan yang rawan bocor, makanan yang mudah hancur, atau lain sebagainya. Selain itu, juga perlu memperhatikan ukuran barang dan carilah kemasan yang sesuai dengan ukuran barang yang akan dikemas.

  • Menggunakan material packing yang tepat

Setelah mengetahui jenis barang yang akan dikirim, Anda juga harus memakai material packing (pembungkus) yang tepat juga. Untuk produk yang lebih rentan rusak seperti kaca atau elektronik, gunakan packing dengan bahan kayu agar produk tetap aman, tidak pecah, atau bahkan penyok saat terbentur oleh permukaan yang keras saat proses pengiriman.

  • Menggunakan pembungkus ekstra

Cara packing barang yang aman lainnya, bisa juga menggunakan bubble wrap sebagai pelapis. Ini paling umum digunakan, agar produk yang rentan rusak atau pecah tidak akan mengalami kerusakan di tengah pengiriman.

  • Bungkus dengan rapi dan rapat

Tidak kalah penting cara packing selanjutnya adalah pengemasan paket yang rapi dan rapat. Pastikan setiap sisi tidak ada yang terbuka. Jika produk tidak tertutupi sepenuhnya oleh dus atau kemasan, maka sebaiknya ganti kemasan pembungkus atau berikan lapisan tambahan. Selain itu, kerapian kemasan sangat penting untuk barang elektronik atau lainnya dengan bahan yang mudah pecah. Karena celah yang ada bisa membuat barang berpindah posisi dan berisiko tinggi mengalami kerusakan.

  • Menggunakan sticker peringatan

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah memakai stiker peringatan. Sebaiknya untuk barang dalam bungkusan kardus memakai stiker ini agar kurir pengiriman lebih berhati-hati dalam menjaga barang. Umumnya, para kurir seringkali melempar atau membanting barang ketika dalam proses pengiriman. Untuk benda pecah belah, tentunya bisa rusak ditengah pengiriman. Tentunya hal ini tidak diinginkan oleh pihak pembeli dan pihak penjual. Stiker ini biasanya tidak tersedia di semua jasa pengiriman sehingga Anda harus menyiapkannya sendiri.

  • Menyelipkan pesan untuk konsumen

Untuk membuat pelanggan Anda semakin puas dengan pelayanan bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk menyelipkan surat kecil yang mengandung pesan singkat yang personal, seperti “Have a nice day!”, terima kasih sudah berbelanja di online shop kami, atau hal-hal positif lainnya.

  • Menulis alamat penerima dengan jelas dan detail

Cara packaging barang dengan benar selanjutnya adalah tidak boleh salah dalam menulis alamat penerima. Sebelum mengirim paket, pastikan Anda sudah mengecek ulang bila semua informasi dengan benar. Untuk memastikan barang sampai dalam waktu yang cepat, Anda juga pastinya harus mencantumkan alamat yang tepat. Jangan sampai ada nomor rumah yang Anda tulis tertukar atau hal-hal kecil lainnya yang dapat membuat kurir salah alamat.

Itulah beberapa cara penting yang dapat membantu proses pengiriman barang Anda berjalan lancar. Apabila Anda melakukan semuanya dengan sempurna, paket yang Anda kirim tentunya akan membuat pelanggan puas akan pelayanan dan barang yang mereka terima.

Article is not found
Article is not found