Wakil Ketua Komisi XI Dorong UMKM Pakai Aplikasi Digital

2 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Meski sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terlihat kecil dengan perputaran modal yang tidak terlalu besar. Namun, pada kenyataannya UMKM justru menjadi tulang punggung roda ekonomi Indonesia. Maka, sudah sewajarnya jika sektor ini harus memperoleh kepastian akses terhadap teknologi dan ekonomi digital.

Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi mengatakan, bahwa mayoritas bentuk usaha di Indonesia masih dalam bentuk UMKM. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika masyarakat terus berupaya mendorong berkelanjutan bagi pengembangan dan ketahanan UMKM, khsusunya dalam hal pengembangan teknologi, ekonomi digital, dan akses modal.

Fathan Subchi menjelaskan bahwa setelah 3 (tiga) tahun dilanda pandemi Covid-19 sektor UMKM sudah mulai bangkit kembali dari keterpurukan. Meskipun demikian, sektor ini masih menghadapi banyak tantangan nyata, mulai dari peningkatan kapasitas, akses teknologi, akses pasar global, akses modal, dan pendanaan alternatif, hingga integrasi mata rantai regional dan global.

Tantangan ini masih menjadi pekerjaan rumah bersama, sehingga perlu ada kolaborasi dari para stakeholder agar UMKM benar-benar memperoleh dukungan keberlanjutan.

Adapun, situasi ini akan mungkin terjadi jika di awal pelaku UMKM didukung menggunakan berbagai aplikasi digital yang memudahkan transaksi dan komunikasi dengan stakeholder terkait.

Dengan demikian, Fathan Subchi beserta pihaknya terus mendorong para pengguna teknologi digital yang memiliki komitmen kuat ke sektor UMKM.

Article is not found
Article is not found