Mengenal Apa itu Kewirausahaan

2 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha merupakan gabungan dari dua kata, yaitu wira yang dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, wirausaha sendiri dapat diartikan sebagai seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Seiring bergeraknya zaman, kegiatan wirausaha ini berkembang menjadi kewirausahaan, istilah kewirausahaan menjadi padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris. Pengertian kewirausahaan itu sendiri adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha.

Kewirausahaan Penggerak Ekonomi Indonesia

Di Indonesia sendiri, sektor kewirausahaan banyak digeluti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Wirausahawan juga membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Seorang pedagang kaki lima pun bisa disebut sebagai pelaku wirausaha.

  • Mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM, saat ini terdapat 64,2 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua UMKM tersebut berkontribusi sebesar 61,07% atau 8.573,89 triliun rupiah kepada Pendapatan Domestik Bruto (PDB)

  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Selain berkontribusi terhadap PDB, UMKM juga menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada dan dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

  • Menciptakan Kesejahteraan bagi Masyarakat

Wirausaha juga mampu mendorong masyarakat untuk membangun sebuah bisnis yang dapat menunjang kesejahteraan masyarakat. Misalnya, dengan terciptanya lapangan kerja dapat membantu perekonomian masyarakat dan dapat mengurangi tingkat kriminalitas

Konsep Kewirausahaan

Terdapat 5 konsep dasar dalam sebuah kewirausahaan, yaitu:

  • Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktunya tanpa kehilangan keseimbangan, sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dengan segala perubahan zaman. Kelincahan ini berkaitan erat antara kecepatan dan kemampuan belajar terhadap hal yang baru, seperti mempelajari teknologi baru.

  • Daya Tahan

Daya tahan menyatakan keadaan yang menekankan pada kapasitas kerja secara terus menerus. Daya tahan kewirausahaan dapat dipengaruhi oleh peningkatan produksi dan penjualan yang mengakibatkan seseorang membutuhkan daya tahan tinggi. Hanya mereka yang memiliki daya tahan tinggi yang bisa lolos dari ujian.

  • Kecepatan

Kecepatan merupakan kemampuan dalam melakukan kegiatan yang berkesinambungan dalam waktu singkat. Seorang wirausahawan harus mampu bergerak cepat dalam berinovasi dan cepat merespon dalam menghadapi tantangan pasar agar bisa selangkah didepan dari para pesaing.

  • Kelenturan

Kelenturan ini berhubungan dengan kemampuan beradaptasi dimana seorang pelaku usaha harus mampu melakukan adaptasi dimanapun ia berada dan memaksimalkan potensi yang ada sehingga ia mampu menyesuaikan bisnisnya dengan trend yang ada

  • Kekuatan

Kekuatan baik secara mental maupun fisik sangat dibutuhkan dalam menggerakkan bisnis. Tanpa adanya kekuatan, pengusahaan tidak bisa meningkatkan fungsi komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan dan ketepatan.

Sikap yang Harus dimiliki dalam Berwirausaha

Seorang wirausahawan umumnya memiliki beberapa karakteristik atau sikap sebagai berikut:

  • Berani

Sifat Berani dimaksud dalaha berani mengambil keputusan, berani menghadapi tantangan, dan berani dalam menghadapi situasi apapun yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

  • Kreatif & Inovatif

Kreatif & Inovatif menjadi sifat yang harus dimiliki oleh setiap wirausahawan. Sifat kreatif yang dimaksud ialah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang berbeda. Sikap inovatif adalah kemampuan menciptakan terobosan baru yang belum pernah ada sebelumnya

  • Berkomitmen tinggi

Seorang wirausahawan harus mengetahui proses untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga mereka harus bersabar. Selain itu, mereka harus memegang teguh prinsip dalam berwirausaha dimana mereka harus terus berusaha untuk meraih apa yang diinginkannya.

  • Bertanggung jawab

Sifat tanggung jawab dalam sebuah usaha dapat berupa menjalankan tugas yang diberikan, tidak melanggar peraturan yang ada, dan menghargai perbedaan.

  • Jujur dan percaya diri

Dalam berbisnis, kejujuran sangat dibutuhkan. Kejujuran membantu Anda dalam membangun koneksi yang nantinya bisa membantu mencapai tujuan yang diinginkan.

Selain kejujuran, rasa percaya diri juga menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap wirausahawan. Kepercayaan diri merupakan sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap keinginan dan harapannya yang ingin dicapainya.

  • Berorientasi ke depan

Dalam merencanakan sebuah usaha, diharapkan tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi harus berorientasi jauh ke depan.

  • Sikap terhadap uang

Seorang wirausahawan harus mencari cara-cara yang baik dan benar untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Namun yang tidak boleh dilupakan, adalah pengelolaan keuntungan ini yaitu uang. Keuntungan yang didapat harus bisa dikelola dengan baik, jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan usaha.

Article is not found
Article is not found