OJK Mendukung Pengembangan UMKM Daerah

2 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendukung pengembangan UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) Friderica Widyasari Dewi pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat di Pantai Purih, Padang.

Friderica menilai bahwa pelaku UMKM Sumatera Barat yang sudah mengikuti rangkaian pelatihan dan pendampingan melalui program Gernas BBI bisa menjadi mitra Pemerintah Provinsi dan Kota dalam melaksanakan aksi afirmasi belanja produk dalam negeri, sehingga bisa menjadi sumber ekonomi baru.

Lebih lanjut, OJK akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan berbagai program pengembangan UMKM, seperti memberikan bantuan pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM.

Sinergi ini diharapkan dapat mendorong kemajuan ekonomi dan keuangan syariah di Sumatera Barat. Selain itu, diharapkan juga mampu memacu semangat masyarakat agar lebih cinta dan bangga membeli produk serta berwisata di Indonesia.

OJK juga akan terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM, sehingga dapat meningkatkan pemahamannya dalam memanfaatkan produk dan jasa keuangan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyelfi Ansharullah menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap komitmen dan dukungan OJK dalam penyelenggaraan Gernas BBI.

Ia juga berharap dapat bekerja sama dan bersinergi dengan OJK serta seluruh pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan bantuan pembiayaan ke pelaku UMKM dan program peningkatan literasi keuangan di Sumatera Barat.

Sebagai informasi, Gernas BBI di Sumatera Barat telah diikuti oleh 332 UMKM Binaan, dan sebanyak 45 UMKM telah diseleksi untuk mengikuti showcase, pelatihan, pendampingan, dan penjualan e-commerce hingga akhirnya terpilih 5 (lima) UMKM champions.

OJK dan para mitra strategis berhasil mendukung 660 UMKM Sumatera Barat untuk dapat on-boarding melalui platform e-commerce. Realisasi transaksi penjualan barang UMKM baik melalui penjualan online maupun offline mencapai Rp 15,72 miliar.

Selain itu, sebanyak 27 kegiatan pendampingan dan pelatihan telah dilakukan OJK, mulai dari capacitiy building, standard service, on-boarding ke e-commerce, manajemen dan marcom, serta pelatihan go-export. Adapun, kegiatan ini diselenggarakan baik secara offline maupun online, dan diikuti oleh 3.911 UMKM di Sumatera Barat.

Keberhasilan Gernas BBI terbukti telah mampu memberikan semangat baru dan motivasi bagi pelaku UMKM dari berbagai daerah untuk terus berinovasi dan berkreasi menghadapi tantangan yang ada.

Article is not found
Article is not found