Kegunaan Akuntansi dalam Usaha

2 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Secara garis besar, pengertian atau definisi akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Berbeda dengan teknik pembukuan dimana hanya mencakup pencatatan saja, sedangkan teknik akuntansi lebih berpusat pada penghitungan dan analisis arus keuangan yang terkait dengan kondisi usaha.

Manfaat Akuntansi

Ada banyak manfaat dari akuntansi yang bisa didapatkan jika mengaplikasikannya dengan benar. Terlebih bagi para pelaku usaha, akuntansi memberi manfaat penting terkait perkembangan usaha ke depannya. Bukan hanya bagi usaha, akuntansi bahkan juga memberi manfaat bagi organisasi terkecil yaitu keluarga.

  • Catatan keuangan lebih terorganisir

Agar kegiatan transaksi dapat berjalan lancar serta teratur, maka diperlukan catatan transaksi atau arus keuangan yang rapi. Dengan adanya catatan yang lengkap dan rapi tersebut, Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan usaha, mengembangkan usaha dan juga menyusun strategi usaha kedepannya. Catatan arus keuangan, menjadi hal penting yang harus dimiliki agar bisa merencanakan keuangan, menyusun laporan keuangan, serta sebagai dasar pengambilan keputusan.

  • Ringkasan transaksi mudah dibuat

Dengan akuntansi, Anda akan lebih mudah untuk membuat ringkasan keseluruhan transaksi yang ada. Ringkasan transaksi yang dimaksud dalam akuntansi adalah mengelompokkan transaksi berdasarkan masing-masing kategori.Tujuan dari pengelompokkan ini adalah mempermudah memahami pola transaksi dalam satu periode yang sudah ditentukan. Dengan adanya pengelompokkan ini, Anda akan lebih mudah untuk melakukan identifikasi apa yang membuat pengeluaran lebih besar. Namun ringkasan ini bisa dibuat bila sebelumnya Anda sudah melakukan pencatatan seluruh transaksi untuk satu periode akuntansi.

  • Sebagai bahan dasar analisis

Manfaat lainnya dari akuntansi adalah sebagai bahan dasar analisis. Sebagai pengusaha tentunya tujuan dari didirikannya usaha tidak hanya untuk mencari keuntungan saja. Lebih dari pada itu, mereka berharap usahanya mampu bertahan di tengah persaingan bisnis dan bisa terus berkembang. Agar bisa mencapai tujuan tersebut, tentu dibutuhkan proses analisis. Akuntansi dilakukan agar bisa menghasilkan laporan keuangan yang dimana laporan tersebut harus sederhana dan mudah dimengerti oleh siapa saja. Dengan laporan yang sederhana dan mudah dimengerti maka akan mempermudah proses analisis.

  • Laporan Keuangan

Manfaat akuntansi yang sangat membantu para pelaku adalah pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan yang terperinci, akurat dan juga rapi, tidak hanya diperuntukkan bagi usaha berskala besar saja, namun usaha kecil sekalipun juga. Laporan keuangan yang akurat membantu mengukur performa usaha serta menentukan strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan. Oleh karenanya, baik usaha kecil, menengah hingga besar, penting untuk memiliki laporan keuangan.

  • Pedoman dasar pengambilan keputusan

Melalui laporan keuangan yang sudah dianalisis, Anda bisa memiliki pertimbangan yang lebih matang dalam mengambil keputusan. Bukan hanya berdasarkan pada perkiraan tanpa berdasar, tetapi pertimbangan yang berasal dari data. Dengan begitu, keakuratannya dapat dipertanggung jawabkan. Tidak hanya sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan. Dengan akuntansi, memungkinkan Anda untuk melakukan proyeksi jangka pendek maupun jangka panjang atas usaha yang sedang berjalan.

Article is not found
Article is not found