Pertalite Disebut Semakin Boros Semenjak Harganya Naik

2 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Media sosial akhir-akhir ini ramai dengan keluhan dari pengguna RON 90 atau Bahan Bakar Minyak Pertalit (BBM). Mereka mengeluh Pertalite semakin boros setelah kenaikan harga 3 September 2022.

PT Pertamina, Patra Niaga, dan Ilto Zinting angkat bicara di tengah pemberitaan ini, bahwa BBM jenis Pertalite semakin boros pasca kenaikan harga. Ia mengklaim BBM RON 90 atau Pertalite tidak mengubah spek.

“Spesifikasi dan isi dari produk BBM Pertamina Pertalite (RON 90) masih tetap dan juga tidak berubah sama sekali,” katanya.

Menurutnya, standar dan kualitas pertalite yang didistribusikan melalui distributor resmi di Indonesia sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas).

Peraturan tersebut adalah Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) 90 Bahan Bakar Minyak yang Dijual di Tanah Air. Irto menjelaskan, salah satu batasan dalam spesifikasi Ditjen Migas yang mengatur laju penguapan di ruang angkasa adalah parameter Reid Vapor Pressure (RVP). RVP Pertalite dapat diterima baik sekarang maupun sebelum kenaikan harga.

Menurut Pertamina, hasil uji RVP pertalite berkisar antara 45 hingga 69 kPa(kilopascal). Penguapan dapat berubah lebih cepat dengan meningkatnya suhu penyimpanan.

Spesifikasi ini menyatakan bahwa batas maksimum penguapan pertalite atau 10 persen pertalite, yang biasa dikenal dengan distilasi adalah pada suhu hingga 74 derajat Celcius. Biasanya produk Pertalite memiliki suhu 50 derajat Celcius, Semakin tinggi suhu, semakin tinggi pula tingkat penguapannya.

Lebih lanjut, Irto mengatakan Pertamina menjamin kualitas produknya dan berkomitmen untuk mendistribusikan produk BBM berkualitas sesuai spesifikasi melalui distributor resmi seperti SPBU dan Pertashop. Melalui quality control, produk yang tidak memenuhi spesifikasi tidak akan didistribusikan ke distributor. Ia juga mengimbau konsumen untuk membeli BBM dari distributor resmi baik di SPBU maupun Pertashop.

Article is not found
Article is not found