Struk, Hal kecil yang Sering Diabaikan Pengusaha

9 days ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Struk kasir masih menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha, khusunya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Cetak struk tidak hanya penting bagi pelanggan, namun juga penting bagi pemilik usaha.

Bagi pembeli, struk penting untuk dijadikan bukti pembelian saat ingin mengembalikan produk yang rusak atau tidak sesuai. Sementara bagi pemilik usaha, struk digunakan sebagai alat check dan recheck atas transaksi yang sudah terjadi. Jadi, struk bisa digunakan sebagai bukti dalam menyusun laporan keuangan usaha.

Mengapa Struk Penting?

Struk memberikan kegunaan penting bagi para pemilik usaha.

  • Memudahkan Pencatatan Keuangan

Usaha yang bisa berjalan dalam jangka panjang tentunya melakukan pencatatan keuangan dalam periode waktu tertentu. Agar pencatatan keuangan bisa Anda susun dengan mudah dan akurat, penting untuk menyimpan struk pembayaran. Melalui struk, Anda bisa mengetahui mana produk yang paling banyak diminati dan mana produk yang performa penjualannya kurang. Dengan data ini, Anda juga akan mengetahui keuntungan dan kerugian yang ada dalam kurun waktu tertentu.

  • Menjadi bukti tertulis transaksi dengan konsumen

Selain pihak penjual, pelanggan juga memerlukan detail transaksi dengan bisnis kita. Dengan memberikan struk belanja, Anda memastikan pelanggan bahwa pembayaran sudah dilakukan tepat sesuai dengan pembeliannya.

  • Sebagai referensi data pelanggan

Dengan mencatat transaksi melalui struk belanja, Anda juga membuka akses untuk mengetahui perilaku pelanggan Anda dan mencatatnya dalam data pelanggan.

Data pelanggan berupa frekuensi pembelian, perilaku konsumen dalam belanja, ketertarikannya dan lain sebagainya, akan sangat membantu Anda dalam menentukan dan memperbaiki strategi bisnis. data pelanggan ini akan sangat bermanfaat bagi usaha Anda dalam mengenal dan menjaga kesetiaan pelanggan.

Komponen dalam Struk Kasir

Dalam struk kasir, Anda bisa mencantumkan beberapa informasi. Infomasi tersebut bisa nama toko hingga detail-detail kecil yang bisa anda masukan ke dalam struk toko Anda. Berikut komponen komponen penting dalam struk:

  • Informasi usaha

Informasi mengenai usaha menjadi komponen utama dan komponen penting yang harus ada dalam struk usaha Anda. Informasi ini bisa berupa, nama usaha, logo, alamat, nomor telepon, email, akun sosial media ataupun website di bagian paling atas struk. Hal ini penting dicantumkan agar pelanggan semakin mengenal bisnis Anda dan bisa menghubungi toko Anda jika ada keluhan tertentu.

  • Daftar pembelian pelanggan

Daftar pembelian ini mencakup informasi produk yang dibeli, harga satuan, jumlah produk, dan harga total belanja. Cantumkan juga informasi terkait pembelian lainnya jika ada pajak atau diskon. Cantumkan daftar pembelian pelanggan secara detail dan lengkap.

  • Detail transaksi

Anda juga perlu memasukkan informasi tentang detail transaksi. Info detail transaksi yang perlu diperhatikan ketika mencetak struk kasir mencakup beberapa data, seperti tanggal dan jam transaksi, nomor struk, dan bahkan nama pegawai yang menjadi kasir saat melayani pelanggan.

Pemuatan informasi tentang tanggal dan jam transaksi juga dapat memudahkan Anda dalam melaksanakan pencatatan penjualan. Demikian pula dengan pencantuman nomor struk. Sementara itu, penulisan nama petugas akan berkaitan erat dengan upaya Anda dalam mengontrol kualitas pelayanan kepada pelanggan.

  • Detail pembayaran

Dalam sebuah struk kasir, Anda juga perlu mencantumkan detail pembayaran oleh pelanggan. Detail pembayaran oleh pelanggan biasanya mencakup dua hal, yaitu metode pembayaran yang digunakan dan uang kembalian. Cantumkan metode pembayaran yang pelanggan gunakan saat melakukan transaksi pada struk, misalnya uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit. Informasi uang kembalian hanya perlu dimuat dalam struk jika pelanggan membayar secara tunai.

  • Informasi tambahan

Anda juga bisa menambahkan informasi tambahan dibagian bawah struk. Informasi tambahan ini bisa bebas Anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan. Misal, Anda bisa mencantumkan password WiFi, terutama bila Anda merupakan pelaku usaha kuliner dan pelanggan Anda rata-rata membutuhkan koneksi WiFi. Anda juga bisa mencantumkan ucapan terima kasih, layanan pelanggan, atau lainnya. Struk juga bisa berfungsi sebagai salah satu strategi pemasaran, seperti mencantumkan promo khusus bagi pemegang struk dengan menukarkan struk menjadi diskon untuk pembelian berikutnya.

Article is not found
Article is not found