Mendirikan Tempat Usaha yang Instagramable

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Tren tempat usaha yang Instagramable sudah semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia. Hal ini tentunya dikarenakan semakin banyaknya pengguna aktif Instagram di Indonesia. Orang-orang ingin mengabadikan momen seru dan mengunggahnya ke Instagram juga membuat banyak orang saat ini semakin berlomba-lomba untuk mencari spot tempat yang instagramable, mulai dari restoran, café, taman kota, mall, sampai tempat wisata alam. Munculnya tren ini menandakan bahwa permintaan tempat Instagramable cukup tinggi di Indonesia.

Apa itu Instagramable?

Instagramable merupakan suatu bahasa gaul yang banyak diucapkan oleh anak muda. Kata instagramable sendiri merupakan gabungan dari dua kata bahasa Inggris, yaitu Instagram dan Able. Kata Instagram merujuk pada platform media sosial berbagi foto itu sendiri, sedangkan able memiliki arti layak. Jadi, instagramable adalah suatu hal yang layak untuk di-upload ke platform Instagram.

Terdapat ekslusivitas dari istilah kata instagramable ini karena tidak semua hal bisa dianggap layak untuk difoto dan di-upload ke halaman media sosial. Eksklusivitas ini membuat orang-orang rela mendatangi tempat yang instagramable ini demi mempercantik atau memperbagus halaman akun Instagram mereka.

Namun membuat tempat bisnis yang instagramable ini tidak semudah yang terlihat. Di satu sisi, trend instagramable bisa menciptakan peluang bisnis baru yang sebelumnya belum pernah ada. Namun di lain sisi, tren tempat instagramable tidak akan bisa bertahan bila pebisnis tidak menawarkan produk yang bisa membuat para pelanggan betah untuk mendatangi tempat tersebut.

Tips Membuat Tempat yang Instagramable

  • Menentukan konsep terlebih dahulu

Untuk membuka bisnis yang instagramable, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah membuat konsep bisnis. Untuk mencari refrensi konsep bisnis, Anda bisa mencoba mengunjungi tempat – tempat yang dianggap instagramble dan yang ramai dikunjungi oleh pelanggan. Tentunya konsep bisnis yang dibuat harus juga sesuai dengan model bisnis yang diinginkan. Hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam membangun tempat usaha instagramable adalah produk yang Anda ingin jual, lalu mendesain tempat yang cocok untuk tempat usaha Anda. Dengan begitu, pelanggan yang datang merasa nyaman untuk datang ke tempat usaha Anda

  • Mempersiapkan besar modal yang dibutuhkan

Jika sudah merencanakan konsep bisnis yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menghitung besar modal yang dibutuhkan. Pertimbangkan jasa arsitek atau desain interior untuk menciptakan pengalaman bagi pelanggan karena harapan yang ada di bayangan Anda belum tentu bisa diterapkan atau memang bisa sebaik yang diharapkan.

Kemudian dalam menghitung modal, pastikan juga bisnis yang direncanakan juga memiliki produk dengan kualitas yang baik. Produk yang baik juga berguna sebagai alat marketing.

  • Memberikan pencahayaan yang optimal di tempat foto

Untuk memastikan bahwa tempat usaha yang dibuat memang Instagramable, maka Anda harus memastikan para pengunjung bisa berswafoto di manapun. Oleh karena itu, Anda harus memberikan pencahayaan yang optimal.

Bila pencahayaan di tempat usaha Anda kurang baik, maka hasil dari foto pelanggan pun tidak akan bagus dan dianggap tidak layak untuk di-upload ke Instagram. Bila sudah demikian, tujuan Anda untuk membuat tempat usaha yang Instagramable pun tidak akan bisa tercapai.

  • Memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pengunjung

Tentunya spot foto yang instagramble saja tidak cukup untuk membuat pengunjung datang kembali. Pengalaman yang mereka rasakan juga membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelayanan yang ramah dan sigap. Tentunya tidak lupa dengan kualitas produk yang dijual kepada pelanggan.

Tempat usaha yang instagramable memang bisa menjadi peluang bisnis yang luas, apalagi bila tempat yang diberikan memiliki konsep yang unik. Terlebih lagi, tempat yang instagramable tidak membutuhkan marketing yang terlalu besar karena para pengunjung yang akan mempromosikan tersebut dalam bentuk foto-foto yang mereka unggah di sosial media. Namun, dibutuhkan strategi yang tepat agar tempat yang instagramable ini tetap bisa berlangsung lama kedepannya.

Article is not found
Article is not found