Metode Pembayaran yang Digemari Konsumen

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Perkembangan teknologi digital memberikan dampak yang besar pada berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam hal metode pembayaran dalam transaksi keuangan. Kini sudah bermunculan banyak metode pembayaran nontunai yang mulai menggantikan metode pembayaran konvensional.

Metode pembayaran merupakan cara yang dilakukan pelanggan untuk membayar barang dan jasa. Penting untuk menentukan metode pembayaran apa yang akan ditawarkan saat memulai bisnis dan memeriksanya secara rutin untuk mengetahui apakah sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan. Dengan memberikan metode pembayaran yang tepat, hal ini tentunya akan memberi kemudahan tersendiri kepada para pelanggan, terutama dari kaum milenial yang selama ini memang dekat dengan teknologi.

Metode-Metode Pembayaran yang Populer di Kalangan Konsumen

Berikut ada beberapa metode pembayaran yang cukup sering digunakan oleh konsumen, terutama para kaum milenial:

  • Kartu Debit

Salah satu pembayaran yang cukup populer di semua kalangan di Indonesia adalah kartu debit. Selain untuk pembayaran, kartu debit juga bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang karena terhubung dengan rekening bank milik pengguna. Banyak konsumen milenial menggunakannya karena dinilai memudahkan mereka dalam mengatur keuangan. Di sisi lain, pengurusan kartu debit pun terbilang cukup mudah, hanya perlu mendatangi kantor cabang bank yang dituju. Bahkan beberapa bank juga memungkinkan nasabah untuk daftar kartu debit secara online.

  • Metode Transfer Bank

Berkat kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini nasabah bank bisa melakukan transfer antar rekening bank melalui aplikasi m-banking yang disediakan oleh bank. Hanya bermodalkan rekening bank dan smartphone, pembeli dapat melakukan transaksi melalui transfer dengan mudah, lalu saldo akan langsung masuk ke rekening penjual. Pembeli tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor bank atau ATM untuk melakukan transfer, bisa melalui aplikasi m-banking yang disediakan oleh bank.

  • E-Wallet

Sesuai dengan namanya, e-Wallet atau dompet elektronik berfungsi untuk menyimpan uang. Namun, uang yang disimpan dalam dompet elektronik tersebut bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan nontunai dalam bentuk saldo. Pengguna hanya perlu mengisi saldo secukupnya pada e-Wallet tersebut sebelum digunakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem QR atau push notification. Saat ini, sudah banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan e-Wallet, mulai dari beli pulsa, bayar layanan publik, belanja online, transfer uang, dan masih banyak kegunaan lainnya. Beberapa penyedia dari aplikasi e-wallet ini bahkan memberikan promo kepada pegguna agar pengguna lebih tertarik.

  • QRIS

Metode pembayaran lainnya yang cukup populer saat ini adalah QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS bisa diartikan sebagai standarisasi pembayaran nontunai dengan menggunakan QR Code yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Artinya QRIS menjadi sistem pembayaran yang menyatukan beragam kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang juga menggunakan kode QR. Adanya QRIS memudahkan para merchant dalam melakukan transaksi nontunai lewat aplikasi apapun dengan membuka layanan penyelenggara QRIS, bahkan metode ini sudah digunakan oleh pedagang kaki lima sampai juru parkir.

Itulah beberapa metode pembayaran yang cukup disukai oleh para pelanggan, khusunya kaum milenial. Karena pembayaran digital sedang diminati, alangkah baiknya para pemilik usaha untuk menyediakan metode pembayaran digital agar mempermudah para pelanggan dan juga tentunya mempermudah pemilik usaha dalam mengatur kas usaha.

Article is not found
Article is not found