Harga BBM Non-Subsidi Pertamina Resmi Turun

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Di tengah ramainya isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, PT Pertamina (Persero) resmi menurunkan harga BBM non-subsidi yang berlaku mulai 1 September 2022. Produk BBM non-subsidi yang dipangkas harganya adalah Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex

Dikutip dari laman resmi Pertamina.com, PT Pertamina (Persero) menyatakan telah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Sebelumnya, Pertamina sempat menaikkan harga BBM non-subsidi karena tingginya harga minyak dunia pada 3 Agustus 2022 lalu. Saat ini, harga BBM jenis Pertamax Turbo tercatat telah turun Rp2.000 per liter menjadi Rp15.900 per liter dari sebelumnya Rp17.900 per liter. Kemudian, harga Pertamina Dex juga turun Rp1.500 per liter menjadi Rp17.400 per liter dari sebelumnya Rp18.900 per liter.  Sedangkan, Dexlite tercatat berada pada angka Rp17.100 per liter atau turun Rp700 per liter dari harga sebelumnya yang hanya Rp17.800 per liter.

Adapun penurunan harga tersebut berbeda disetiap wilayah seperti di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Article is not found
Article is not found