Pemerintah Memberikan Tambahan BLT Rp600 Ribu dari Dana Pengalihan Subsidi BBM

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut pemerintah bakal menggelontorkan bantuan sosial (bansos) dan BLT dari pengalihan subsidi BBM sebesar Rp600 ribu kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM dan 16 juta pekerja.

BLT ekstra tersebut diberikan dari pengalihan subsidi BBM dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga bahan pokok belakangan ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan ada dua bansos yang disiapkan oleh pemerintah. Yaitu, pertama, BLT Rp600 ribu untuk 20,65 juta KPM.

Bantuan ini akan dibayarkan dua kali oleh Kementerian Sosial, Rp300 ribu dimulai minggu ini dan Rp300 ribu kedua diberikan menjelang Desember. BLT ini akan didistribusikan melalui kantor Pos Indonesia di seluruh Indonesia.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, BLT pengalihan subsidi BBM akan disalurkan per 1 September 2022.Penyaluran BLT pengalihan subsidi BBM dilakukan bersamaan dengan bansos rutin yang memang setiap tiga bulan sekali diberikan.

Kedua, bantuan subsidi upah (BSU) untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Sisa pengalihan anggaran subsidi BBM sebesar Rp9,6 triliun akan mengalir untuk 16 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Masing-masing pekerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu dan dibayarkan sekali oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Melansir situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), terdapat beberapa langkah untuk mengecek status apakah tergolong sebagai penerima atau bukan, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs web https://kemnaker.go.id/
  • Daftar akun
  • Jika belum memiliki akun, daftarkan diri dengan melengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  • Login akun yang sudah didaftarkan tadi
  • Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.
  • Cek pemberitahuan

Jika terdaftar sebagai calon penerima, maka akan muncul centang hijau notifikasi sebagai calon penerima BSU. Namun jika tidak, akan keluar notifikasi tidak terdaftar. Apabila Anda merasa memenuhi persyaratan penerima BSU, tetapi tak terdaftar, Anda bisa menelepon nomor 175 atau WhatsApp ke nomor +6281380070175.

Total bansos Rp24,17 triliun dari pengalihan subsidi BBM akan didistribusikan mulai pekan ini, dan diharapkan mengurangi tekanan masyarakat dan mengurangi kemiskinan dalam menghadapi hari-hari di tengah kenaikan harga-harga.

Article is not found
Article is not found