Kegunaan Barang Substitusi

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Barang substitusi adalah pengganti atau barang yang bisa ditukar dengan barang lain. Kehadiran barang ini cukup menguntungkan bagi konsumen, sebab dengan begitu, mereka tidak bergantung pada satu barang untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan tertentu.

Jenis Barang Substitusi

  • Barang substitusi sempurna

Barang substitusi sempurna merupakan barang yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan karena barang substitusinya merupakan barang yang persis sama dari segi fungsi dan harganya, contohnya air mineral yang berasal dari dua perusahaan yang berbeda. Keduanya memiliki kesamaan kegunaan, namun berbeda produsen saja.

  • Barang substitusi tidak sempurna

Barang substitusi tidak sempurna hanya dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara sebagian saja karena tingkat substitusinya lebih rendah, contohnya Air Conditioner (AC) dengan kipas angin. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai penyejuk ruangan, tapi terdapat perbedaan mencolok, seperti daya listrik, besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan, hingga fitur tambahan yang ada.

Manfaat Menggunakan Barang Substitusi

Barang substitusi tentunya memilikii cukup banyak manfaat dalam kegunaannya, terutama dalam mendukung keuntungan dan jalannya perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan barang pengganti tersebut:

  • Memberikan Alternatif Produk

Barang substitusi berfungsi sebagai alternatif pilihan untuk produk yang sejenis. Bila terjadi kekosongan stok di pasar, maka barang pengganti berguna untuk menggantikan barang yang dicari tersebut. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi solusi yang tepat bagi para konsumen jika menginginkan sebuah produk yang banyak peminatnya. Saat terjadi kekosongan barang yang diinginkan, maka memilih produk alternatif dengan fungsi yang sama merupakan opsi yang sering dipilih oleh sebagian besar konsumen. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa keberadaan barang pengganti ini cukup penting.

  • Memberi Keragaman Produk di Pasaran

Barang substitusi membantu menambah keragaman produk yang dijual di pasaran. Sering kali jika hanya terdapat satu jenis pilihan maka pelanggan enggan untuk melakukan pembelian karena pilihan yang terbatas tersebut. Namun dengan memberi banyak variasi yang tersedia di pasaran tentu akan menambah geliat ekonomi pasar yang lebih tinggi dan masyarakat tidak akan cepat bosan.

  • Menjaga Loyalitas Konsumen

Alasan perusahaan memiliki barang pengganti dan memproduksinya tentunya untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Bila barang yang laris habis laku di pasaran memiliki barang pengganti, hal ini membantu konsumen untuk tetap menggunakan produk yang sama dan tidak beralih pada produk yang lain. Dengan demikian bisnis dan usaha yang dijalankan tetap memperoleh loyalitas dan kesetiaan konsumen.

  • Menjaga Keberlangsungan Kegiatan Usaha

Barang subtitusi juga memiliki peran penting dalam mendukung keberlangsungan kegiatan bsinis. Ketika barang yang aris habis dan tersedia barang pengganti, konsumen akan penasaran dengan barang pengganti tersebut dan tertarik untuk mencobanya. Dengan begini, perusahaan akan tetap mendapat keuntungan. Jika tidak ada barang pengganti, tentunya perusahaan tidak akan mendapatkan penghasilan dari penjualan sama sekali.

Barang substitusi memiliki peran yang cukup penting ketika terjadi kekosongan barang pada barang yang laris terjual,  Berkat adanya barang pengganti tersebut, maka kebutuhan konsumen tetap dapat terpenuhi oleh barang yang sejenis. Sehingga perusahaan tetap mendapatkan kepercayaan dari para konsumen dan tetap mendapatkan keuntungan penjualan juga.

Article is not found
Article is not found