|
presentationMitra Resmi

Hukum Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi

Johan Budi, 15 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam ilmu ekonomi, tentu sudah tidak asing dengan hukum permintaan dan penawaran (supply & demand). Permintaan dan penawaran merupakan salah satu ilmu ekonomi pasar paling mendasar. Hukum permintaan dan penawaran merupakan teori yang menjelaskan interaksi antara penjual dan pembeli untuk suatu sumber daya tertentu.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan menyatakan bahwa harga suatu barang memainkan peran penting dalam menentukan permintaan konsumen untuk barang. Semakin tinggi harganya, maka semakin sedikit konsumen akan membeli barang itu. Begitu juga sebaliknya semakin rendah harga barang, maka semakin tinggi pembelian untuk barang itu. Sebagai contoh, cabai merah di pasar yang dijual seharga Rp 3.000 per gram, hal ini akan membuat permintaan masyarakat pada cabai meningkat. Namun jika dijual seharga Rp 20.000 per gram, permintaan masyarakat akan sedikit dan masyarakat akan mencari barang pengganti (barang subtitusi).

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan sangat erat kaintannya dengan konsumen, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan:

  • Harga barang atau jasa

Hal ini sesuai dengan bunyi hukum permintaan dimana jika harga barang naik, maka permintaan akan menurun, begitu juga sebaliknya

  • Pendapatan Konsumen

Saat pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah barang atau jasa yang diminta juga naik. Sementara apabila pendapatan turun, maka jumlah permintaan juga ikut turun. Ini artinya jumlah permintaan sangat berkaitan dengan daya beli masyarakat.

  • Harga barang atau jasa yang terkait

Barang yang terkait (komplementer) dengan barang tertentu lainnya juga bisa mempengaruhi permintaan. Sebagai contoh, saat harga BBM naik, maka permintaan masyarakat akan kendaraan menurun.

  • Selera Konsumen

Tren yang berkembang di masyarakat secara langsung berdampak juga pada permintaan barang. Jika sebuah barang tidak lagi bisa memenuhi selera masyarakat, maka permintaannya akan turun.

Hukum Penawaran

Hukum penawaran mengatakan bahwa harga suatu barang menentukan penawaran suatu barang juga. Karena harga yang bersedia dibayar oleh konsumen meningkat, maka jumlah unit yang diproduksi oleh bisnis juga meningkat. Contohnya, saat musim panas, orang jarang membutuhkan sekop, jadi penjual sekop menjualnya dengan harga murah dan produsen tidak akan membuat dalam jumlah banyak karena keuntungan yang bisa mereka dapatkan sedikit. Namun, saat musim dingin semakin dekat, harga sekop meningkat untuk mengantisipasi peningkatan salju. Karena sekop bernilai lebih tinggi, bisnis akan memproduksi lebih banyak sekop untuk meraup keuntungan yang lebih.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Secara umum, faktor yang mempengaruhi penawaran adalah harga barang atau jasa dan variabel lainnya. Berikut penjelasan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:

  • Harga

Dalam hukum penawaran, jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat jika terjadi kenaikan harga. Namun dalam beberapa kasus, jika ada spekulasi kenaikan harga barang di masa depan, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang yang ditawarkan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

  • Teknologi

Faktor lain yang menyebabkan perubahan penawaran adalah kemajuan teknologi yang mengurangi biaya produksi. Proses produksi yang semakin efisien berkat adanya teknologi membuat biaya produksi semakin menurun. Di saat yang bersamaan, penawaran akan produk-produk teknologi seperti komputer dan mesin meningkat tajam.

  • Kebijakan Pemerintah

Pemerintah memiliki pengaruh yang besar terhadap penawaran barang dan jasa. Semakin rendah pajak yang dibebankan pada produsen, maka semakin tinggi jumlah penawaran. Di sisi lain, peraturan yang terlampau ketat dan proses yang rumit bisa menurunkan jumlah penawaran sebuah barang.

  • Transportasi

Dalam proses distribusi, transportasi memegan peran penting mulai dari distribusi bahan baku, distribusi barang hingga sampai ke tangan konsumen. Semakin tinggi biaya transportasi maka semakin sulit pula penawaran yang dilakukan produsen.

Itulah penjelasan mengenai hukum permintaan dan penawaran yang dimana yang menjadi dasar bukan hanya dalam dunia perekonomian, tapi untuk semua orang karena berkaitan dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Article is not found




footer-sobat-pajak