Tips dalam Membuka Cabang Usaha

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Membuka cabang usaha baru menjadi tanda bahwa sebuah bsinis yang dijalankan mengalami perkembangan. Pembukaan cabang baru ini bisa saja disebabkan beberapa faktor penyebab. Di antaranya sebagai berikut:

  • Kesuksesan pada pembukaan toko pertama
  • Jumlah konsumen yang banyak dengan tingkat kepuasan yang tinggi
  • Permintaan konsumen dari wilayah lain (adanya peluang bisnis di wilayah lain).
  • Adanya partner bisnis yang tertarik membuka cabang bersama dengan pemilik utama

Namun membuka cabang usaha baru bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Mendirikan toko lebih banyak, melengkapi serta mendukung pengoperasiannya membutuhkan perencanaan yang cerdas dan matang.

Tips Membuka Cabang Usaha

Ada beberapa tips untuk membuka cabang bisnis baru yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha agar kesuksesan juga diraih oleh cabang yang baru dibuka tersebut. Berikut beberapa tips tersebut yang perlu diketahui:

  • Usaha utama berjalan lancar tanpa masalah

Tips buka cabang bisnis baru yang pertama adalah memastikan dahulu kelancaran pengelolaan usaha pertama. Jangan hanya melihat kesuksesan toko pertama dari segi penjualan produk saja, tetapi rapihkan juga manajemen yang diterapkan. Jangan tergiur untuk melakukan ekspansi ke tempat baru jika pada faktanya usaha utama Anda masih belum stabil. Jika usaha utama masih dalam tahap pengembangan, membuka cabang bukanlah keputusan yang tepat karena kemungkinan akan kewalahan saat harus mengurus keduanya. Salah satu tanda kesiapan untuk membuka cabang usaha baru adalah tidak perlu melakukan pemantauan setiap hari terhadap usaha utama. Hal ini akan memberi lebih banyak waktu untuk fokus mengurus cabang baru.

  • Mempunyai modal yang cukup

Membuka cabang usaha baru sama halnya seperti mendirikan usaha pertama kalinya dimana memerlukan modal yang untuk berusaha, mulai dari biaya sewa tempat, gaji karyawan, sampai modal untuk kegiatan operasional.

  • Melakukan analisis pasar

Hal yang perlu dilakukan sebelum membuka cabang usaha baru adalah menganalisis potensi pasar di lokasi cabang usaha baru. Hal ini agar bisa mengetahui apakah lokasi tersebut ramai setiap hari, apakah strategis, apakah ada lahan parkir, dan lain sebagainya.

  • Mempersiapkan SDM yang Tepat

Ketika membuka cabang baru juga perlu mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) baru. Hal ini harus dipertimbangkan dengan matang agar kegiatan operasional di cabang usaha baru dapat berjalan dengan optimal. Pengusaha bisa mengirimkan karyawan yang sudah pengalaman di usaha pertama atau melakukan rektrutmen agar bisa memperbanyak tenaga kerja.

  • Mengelola keuangan usaha secara tepat

Dalam hal ekspansi, segi pengelolaan keuangan menjadi hal yang penting juga. Pemilik usaha harus mampu mengelola keuangan di mana alokasi pendapatan dan pengeluaran harus distrategikan dengan baik antara usaha utama dengan cabang usaha.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membuka cabang usaha yang baru. Setelah pembukaan cabang usaha baru berhasil, hal yang tidak boleh dilupakan adalah melanjutkan pengelolaan dan pengembangan usaha agar usaha bisa berjalan terus dalam jangka panjang.

Article is not found
Article is not found