Masalah yang Harus Dihadapi dalam Berbisnis Online

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini, bisnis online sudah menjamur di Indonesia. Bisnis online tampak menjanjikan dan mudah untuk dicoba ternyata juga masih memiliki kendala atau permasalahan. Menciptakan bisnis online yang sukses bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tak peduli seberapa bagus atau uniknya produk dan layanan yang diberikan, setiap penjual pasti akan berkompetisi dengan banyak bisnis lain untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Kendala yang Mungkin Dihadapi dalam Menjalankan Bisnis Online

Dibalik kelebihan-kelebihan yang diberikan bisnis online, penjual juga harus waspada terhadap kelemahan dari sistem bisnis online itu sendiri. Berikut ini hal yang harus diwaspadai ketika menjalankan bisnis secara online, antara lain:

  • Kelalaian

Dalam berjualan, penjual bisa saja lalai dalam memenuhi pesanan pelanggan. Penjual bisa saja salah dalam memenuhi pesanan pelanggan, seperti salah ukuran, jumlah barang yang dipesan tidak sesuai, salah barang, dan lain-lainnya. Kelalaian ini tentunya bisa membuat penjual rugi, atau bahkan pembeli komplain yang mempengaruhi reputasi toko.

  • Banjir Pesanan

Ketika usaha sudah mengalami perkembangan, tidak menutup kemungkinan kalau pesanan dari pelanggan yang masuk jumlahnya akan semakin banyak juga. Jika penjual tidak dapat mengatasi semua pesanan tersebut, maka bisa berdampak kepada performa toko dimana bisa menurunkan reputasi toko.

  • Rawan Penipuan

Kejahatan saat ini tidak hanya berkeliaran di dunia nyata saja, namun juga sudah merambah di dunia maya. Banyak orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan keadaan untuk melakukan penipuan. Saat berjualan online penjual harus waspada terkait ini, karena bisa saja ada oknum yang berusaha menjatuhkan bisnis agar kompetitor bisa berkurang.

  • Kendala Jaringan Internet

Dalam berbisnis online, kecepatan internet menjadi komponen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Tanpa adanya internet atau kecepatan internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran dalam menjalankan bisnis.

  • Persaingan yang Ketat

Luasnya pasar online membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Sebaiknya produk yang diciptakan harus memiliki keunggulan tersendiri agar mudah menarik perhatian pelanggan. Tentunya dengan memberikan harga yang murah juga akan bisa memikat perhatian pelanggan lebih banyak juga.

  • Kejadian diluar Kendali

Kejadian diluar kendali penjual juga bisa terjadi dalam bisnis online, seperti paket hilang dalam pengantaran, paket mengalami kerusakan di tengah pengiriman, pesanan fiktif, dan macam-macam. Tentunya hal ini tidak bisa dihindari dan sudah menjadi bagian dari risiko dalam menjalankan bisnis online. Penjual harus siap menanggung risiko-risiko tersebut.

  • Menghadapi Beragam Karakter Pelanggan

Penjual bisnis online pasti akan menemui berbagai macam karakter pelanggan dengan latar belakang yang berbeda. Bisa saja bertemu dengan pelanggan yang kurang kooperatif, banyak bertanya, rumit, dan berbagai macam karakter lainnya. Penjual harus bersabar dalam menghadapi karakteristik pelanggan yang berbeda-beda.

  • Sulit Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Dalam pasar online, mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi hal yang tidak mudah karena mengingat sebagian besar konsumen Indonesia mencari barang dengan harga yang relatif murah dan kualitas yang baik, hal ini yang membuat mereka mencari dan membandingkan antara produk dari satu penjual dengan penjual yang lainnya.

Itulah kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam menjalankan bisnis secara online. Melihat semua keuntungan yang diberikan dari berbisnis online, penjual juga harus siap menanggung kelemahan dari bisnis online itu juga dan tentunya penjual harus bisa mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi.

Article is not found
Article is not found