Apa itu Harga Pokok Penjualan?

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Menurut prinsip akuntansi Indonesia, pengertian Harga Pokok Penjualan (HPP) sendiri dapat diartikan jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa. Istilah ini sendiri cukup sering digunakan dalam dunia bisnis, keuangan, maupun akuntansi.

Alasan Pentingnya Menghitung HPP

Berikut penjelasan mengapa pentingnya suatu perusahaan memiliki HPP:

  • Menentukan Harga Jual

HPP menjadi dasar pertimbangan bagi produsen dalam menentukan harga jual untuk produknya. Dengan mengetahui besar biaya yang dikeluarkan untuk produksi, maka mereka dapat menetapkan harga jualnya agar tetap mendapatkan untung.

  • Memperkirakan Efisiensi Produk

Besar HPP bisa menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan dalam menentukan jumlah kuantitas yang akan diproduksi agar mendapat keuntungan sesuai target. Jika HPP terlalu besar, maka dapat disimpulkan bahwa pengeluaran untuk proses produksi terlalu besar.

  • Menghitung Margin Laba Kotor

HPP bisa juga membantu perusahaan dalam menghitung berapa laba kotor yang mereka peroleh dalam sekali produksi.

Komponen Perhitungan HPP

Berikut komponen untuk menghitung HPP adalah:

  • Persediaan Awal Barang Dagang

Persediaan awal barang dagang adalah total persediaan pada awal periode akuntansi keuangan perusahaan. Persediaan awala dapat dicek dalam neraca saldo periode berjalan maupun di awal perusahaan pada tahun sebelumnya.

  • Persediaan Akhir Barang Dagang

Komponen persediaan akhir barang dagang adalah total persediaan barang di akhir periode akuntansi perusahaan atau pada akhir tahun buku berjalan setelah adanya data penyesuaian perusahaan.

  • Pembelian bersih

Pembelian bersih merupakan keseluruhan pembelian barang dagang ditambah biaya angkut yang telah dikurangi potongan atau retur. Unsur-unsur pembelian bersih terdiri dari pembelian kotor, pengurangan harga, potongan pembelian, dan retur pembelian. Untuk menghitung pembelian bersih, dengan cara menjumlahkan pembelian dengan ongkos angkut lalu dikurangi retur dengan potongan pembelian.

  • Penjualan bersih

Penjualan bersih merupakan salah satu unsur HPP yang terdiri dari retur pembelian, pembelian kotor, dan pengurangan harga. Nilai ini diperoleh dari penjualan dikurangi dengan nilai retur yang sudah dijumlahkan dengan potongan penjualan.

Cara Menghitung HPP dengan Rumus

Untuk proses perhitungan HPP adalah sebagai berikut:

  1. Menghitung Penjualan Bersih

Penjualan Bersih = Total Pendapatan – (Diskon + Retur)

  1. Menghitung Pembelian Bersih

Pembelian Bersih = (Pembelian Kotor + Ongkos Pengiriman) – (Diskon + Retur)

  1. Menghitung HPP

HPP = Persediaan Awal + Pembelian Bersih - Persediaan Akhir

Itulah beberapa penjelasan mengenai HPP. Perhitungan HPP ini memiliki peran yang penting dalam proses berjalannya usaha karena berguna untuk memperkirakan keuntungan dari penjualan usaha.

Article is not found
Article is not found