Fenomena Citayam Fashion Week Memberi Peluang untuk Pelaku UMKM

5 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Acara Citayam Fashion Week yang berada di kawasan Dukuh Atas-Sudirman mendadak ramai dibicarakan ditanah air, bahkan beberapa artis pun ikut hadir memeriahkan. Kegiatan positif anak muda ini pun didukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan adanya sekumpulan remaja di kawasan Dukuh Atas-Sudirman Jakarta atau Citayam Fashion Week menguntungkan para pelaku UMKM di sekitarnya. Menurut laporan yang diterima olehnya, UMKM di kawasan tersebut seperti penjual kopi keliling, nasi goreng dan penjual makanan lain mengalami peningkatan drastis hingga 2 kali lipat berkat adanya Citayam Fashion Week. Kondisi ini sesuai dengan harapannya, di mana pada 2022 penghasilan para pelaku UMKM bisa meningkat. Dengan adanya Citayam Fashion Week, dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi para pedagang. Di samping itu, kegiatan yang dilakukan remaja-remaja tersebut juga merupakan ide kreatif dan perlu didukung.

Ketua Komite Pengembangan Jaringan Usaha Bidang UMKM/IKM DPN Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Euis Saedah juga merespons fenomena tersebut dengan positif. Ia menuturkan, kegiatan tersebut menjadi sebuah pasar dan wadah untuk promosi brand lokal dengan dana minim, bahkan tanpa biaya. Kegiatan ini akan berdampak positif bagi pelaku industri fashion. Ia juga menilai bahwa para remaja ini ingin menunjukkan kebolehan dirinya dalam berbusana, namun secara tidak langsung juga dapat membantu UMKM untuk promosi di bidang fashion industri. Banyak remaja rela untuk mengeluarkan modalnya untuk berbelanja pakaian yang mereka sukai. Begitupun dengan UMKM yang memanfaatkan keadaan tersebut agar semakin giat dan gencar untuk menyediakan pakaian yang cocok untuk para remaja.

Article is not found
Article is not found