Pengertian Ekonomi Kreatif

Johan Budi | 2022-19-07 17:48:58 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa yang di dalamnya membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual untuk membangunnya. Dapat dikatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan proses perekonomian yang mengutamakan nilai kreativitas. Ekonomi kreatif pada merupakan aliran ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Aliran ekonomi ini diketahui mengutamakan nilai intelektual dalam menghasilkan uang, menambah kesempatan kerja, serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakkan oleh para kreator dan inovator.

Menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia, ekonomi kreatif merupakan sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

  • Memiliki Kreasi Intelektual

Kreasi intelektual artinya dibutuhkannya kreativitas dan keahlian dalam menciptakan suatu produk di masing-masing jenis sektor usaha ekonomi kreatif.

  • Tidak ada batasan

Dalam ekonomi kreatif tidak terdapat batasan apapun dalam berinovasi dan berkreativitas dalam menciptakan suatu produk

  • Mudah Digantikan

Mudah Digantikan disini artinya inovasi dalam bidang ekonomi kreatif harus selalu dikembangkan sesuai dengan aktivitas ekonomi. Oleh karena itu, kreasi dan inovasi yang diciptakan diharapkan mudah digantikan agar bisa menyesuaikan dengan pasar dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

  • Berbasis pada Ide

Ide menjadi modal yang harus disiapkan dalam ekonomi kreatif. Setiap orang tentunya memiliki ide yang berbeda, oleh karena itu ide yang ada harus dikembangkan demi menciptakan inovasi dan kreativitas dalam bidang ekonomi kreatif.

  • Memerlukan Kerja Sama

Dalam bidang ekonomi kreatif, kerja sama antara pengusaha dengan pemerintah yang mengatur kebijakan sangatlah penting demi kelancaran proses bisnis yang dijalani.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif tentunya memiliki beberapa manfaat kepada masyarakat luas, beberapa di antaranya:

  • Mendorong masyarakat untuk lebih kreatif

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga kreativitas seseorang dalam menciptakan sesuatu. Para pengusaha dituntut menjadi lebih kreatif dalam menciptakan produk agar produk yang mereka jual bisa laris terjual.

  • Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Dengan adanya usaha di bidang ekonomi kreatif tentunya akan memperbanyak lapangan pekerjaan baru. Semakin beragam inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang membuka bisnis, maka akan semakin banyak juga produk-produk baru yang muncul. Dengan begitu tenaga kerja yang diperlukan semakin banyak juga agar bisa memperlancar proses pembuatannya.

  • Menciptakan kompetisi bisnis yang sehat

Hadirnya ekonomi kreatif ini juga menciptakan kompetisi bisnis yang sehat di mana manusia akan saling tolong-menolong serta membagikan kiatnya dalam mewujudkan ide tersebut.

  • Menciptakan inovasi baru di berbagai bidang usaha

Munculnya berbagai macam ide yang baru dan tidak terbatas membuat peningkatan inovasi dalam berbagai bidang industri yang secara tidak langsung akan membantu meningkatkan pemerataan ekonomi di berbagai jenis bidang usaha.

Ekonomi kreatif sangat memberi pengaruh kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM di mana mereka bisa berkreativitas tanpa adanya batasan dalam menciptakan produk untuk memulai bisnis. Ekonomi kreatif itu sendiri meliputi berbagai macam sektor industri, seperti periklanan, kerajinan, pasar seni, arsitektur, desain, mode, perfilman & fotografi, game interaktif, musik, seni drama, penerbitan & percetakan, layanan komputer, penyiaran radio & televisi, dan penelitidan & pengembangan. Dengan mempelajari banyak hal mengenai ekonomi kreatif, masyarakat juga dapat terinspirasi untuk memulai bisnis dengan mengandalkan inovasi dan kreativitas mereka.

Article is not found
Article is not found