Memahami COD dalam Berbisnis Online

Johan Budi | 2022-18-07 17:45:15 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Tidak sedikit masayarakat yang masih belum mengetahui apa itu COD atau cash on delivery dalam metode pembayaran belanja online. Alhasil banyak video viral yang beredar di sosial media yang menggunakan metode pembayaran COD namun tidak mau membayar barang tersebut.

COD atau cash on delivery adalah cara yang digunakan antara penjual dan pembelinya ketika ingin melakukan transaksi secara langsung di tempat yang sudah ditentukan. Tahapannya, setelah pembeli setuju melakukan order barang, maka mereka akan menentukan tempat untuk bertemu dan melaksanakan transaksi di sana. Saat bertemu, pembeli akan melihat dan mengecek apakah barang yang diorder sesuai atau tidak. Jika barang yang diterima aman, maka selanjutnya pembeli langsung melakukan pembayaran secara tunai. Namun seiring berjalannya zaman konsep COD ini mulai diterapkan dalam bisnis online.

Kelebihan dan Kekurangan COD

Tidak sedikit konsumen yang menyukai metode pembayaran secara COD karena hanya perlu membayar ketika barang yang dipesan sudah sampai di tangan konsumen. Dengan ini, konsumen tidak perlu repot ke ATM ataupun gerai minimarket untuk melakukan pembayaran. Lalu, keamanan transaksi akan lebih terjamin karena konsumen bisa menghindari penipuan jika barang tidak terkirim atau konsumen bisa mengajukan pembatalan atau komplain jika barang yang diterima tidak sesuai atau cacat.

Di lain sisi, COD ini tentunya juga ada kekurangan dalam penerapannya. Jika pembeli dan penjual langsung bertemu, maka akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk bertemu. Akan sedikit merepotkan juga bila ternyata lokasi penjual dan pembeli tidak dalam jarak dekat. Jika menggunakan jasa pengiriman dalam transaksi COD ini, pihak kurir juga bisa merasakan dampaknya, contohnya ketika mengantarkan barang namun ternyata konsumen tidak berada di rumah dan sulit untuk dihubungi. Bisa juga konsumen melakukan komplain kepada kurir bukan kepada penjual karena barang tidak sesuai dengan yang diinginkan konsumen lalu mereka menolak untuk membayar, tentunya pembatalan ini juga akan merepotkan pihak penjual juga.

Tips COD agar Aman

  • Membatasi metode pembayaran COD hanya untuk barang tertentu yang sifatnya memang harus dilihat, dicoba, atau digunakan oleh pembeli seperti produk fashion, sepatu, dan sejenisnya.
  • Melakukan perjanjian terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi agar menghindari pengembalian barang atau pembatalan transaksi
  • Membuat syarat penyertaan video saat melakukan unboxing jika ternyata barang dikirimkan melalui kurir jasa pengiriman. Hal ini untuk menghindari adanya kenakalan konsumen yang bisa saja terjadi.
Article is not found
Article is not found