Strategi Pemasaran UMKM

Johan Budi | 2022-18-07 16:26:46 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Perkembangan UKMM di Indonesia saat ini masih terus berkembang dan bahkan jumlahnya semakin terus bertambah dimana membantu pertumbuhan ekonomi negara menjadi terus meningkat. Perkembangan ini tentunya menuntut pelaku UMKM untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif. Usaha UMKM akan kesulitan berkembang jika tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan produknya dengan efektif.

Tips Strategi Pemasaran untuk UMKM

Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk memasarkan produk UMKM:

  • Menciptakan produk yang Unik

Produk yang unik dan mempunyai kelebihan daripada produk pesaing akan lebih mengundang konsumen. Jika produk yang dijual tidak memiliki nilai keunikan, kelebihan, atau bahkan tidak memenuhi kebutuhan konsumen, maka produk tersebut akan kesulitan untuk bersaing dengan kompetitor.

  • Mempunyai Koneksi Bisnis yang Luas

Dengan memiliki jaringan bisnis yang luas dalam menjalankan usaha dapat membantu menaikkan popularitas usaha. Dengan popularitas usaha yang meningkat dapat membantu meningkatkan penjualan usaha.

  • Memanfaatkan Marketplace untuk Memasarkan Produk

Usaha yang memanfaatkan marketplace akan bisa memperluas jangkauan pasarnya lebih jauh. Marketpalce memberikan banyak keuntungan lainnya, tidak hanya memperluas jangkauan pasar, namun juga memberikan kemudahan untuk para konsumen yang ingin membeli barang tanpa harus keluar rumah.

  • Penggunaan Tekonologi untuk Pemasaran Produk

Semakin maju zaman, teknologi juga berkembang semakin canggih juga. Penggunaan teknologi akan sangat berdampak pada kemajuan usaha. Dengan menggunakan pemasaran secara digital akan lebih efektif ketimbang melakukan pemasaran secara konvensional karena akan menjangkau konsumen lebih luas.

  • Menerapkan Promo

Promo menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik calon konsumen ketika menawarkan produk kepada mereka. Promo dapat berubah hadiah, potongan harga, cashback, atau kupon.

  • Konsisten

Sikap konsisten juga menjadi hal yang penting dalam menjalankan usaha. Dengan sikap konsisten, kepercayaan konsumen bisa meningkat dan jumlah konsumen bisa terus bertambah.

Itulah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran produk. Produk yang berkualitas baik, namun tidak memiliki teknik pemasaran yang efektif dan tepat, tetap akan kesulitan mendapatkan pelanggan baru.

Article is not found
Article is not found