Tren Kuliner Cloud Kitchen yang Sedang Marak

Johan Budi | 2022-14-07 17:19:07 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Cloud kitchen saat ini di Indonesia sedang berkembang pesat. Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui atau pernah mengenal istilah cloud itu sendiri, dimana cloud bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan virtual. Namun pada istilah cloud kitchen mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang dimana saat ini pertumbuhan cloud kitchen di Indonesia bisa terbilang sangat tinggi.

Apa itu Cloud Kitchen

Cloud kitchen merupakan sebutan untuk dapur bersama dimana isinya terdapat beberapa brand makanan dan minuman mengolah produk mereka di dapur bersama tersebut. Cloud kitchen ini juga biasa disebut dengan dapur satelit karena pengoperasiannya yang bisa dilakukan secara jarak jauh oleh usaha brand makanan atau minuman. Jadi, brand makanan atau minuman bisa berfokus pada pengembangan produk, sementara operasional dapur, pengiriman dan sebagainya akan ditangani oleh pemilik cloud kitchen. Saat ini cloud kitchen di Indonesia sudah tersebar banyak di kota-kota seperti di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan di kota-kota besar lain.

Konsep Bisnis Cloud Kitchen

Konsep bisnis dari cloud kitchen berbeda-beda dan tergantung dari bentuk kerjasama dengan pengelola cloud kitchen. Pada era digital saat ini, bisnis cloud kitchen berkembang sangat pesat di Indonesia, berikut adalah konsep bisnis dari cloud kitchen yang umum digunakan:

  • Modal

Sebagai konsep bisnis yang baru, modal menjadi perhatian utama ketika suatu brand ingin bergabung dengan cloud kitchen. Beberapa penyedia jasa cloud kitchen mengenakan tarif perbulan untuk menyewakan dapur bersama dan sebagai biaya operasional dapur. Namun ada juga pengelola yang menggunakan model bagi hasil, dimana penjualan perbulan akan ditotal dan akan dibagikan dengan seluruh mitra yang menggunakan jasa cloud kitchen pada satu tempat.

  • Perlengkapan

Untuk fasilitas yang disediakan, semua brand yang tergabung ke dalam mitra cloud kitchen akan mendapatkan fasilitas yang sama dan bisa langsung digunakan. Hal ini akan memudahkan operasional dari sebuah brand, karena mengurangi biaya operasional saat memproduksi makanan atau minuman.

  • Bahan Baku

Dalam konsep bisnis cloud kitchen, brand mitra hanya dibebankan pada proses pengembangan produk tanpa memikirkan operasional. Oleh karena itu, dalam hal operasional usaha yang membutuhkan bahan baku segar dan sesuai dengan jenis produk, brand mitra tidak perlu repot menyiapkan bahan baku. Brand mitra hanya perlu memberi arahan untuk bahan baku apa saja yang sering digunakan, kemudian pengelola cloud kitchen akan menyediakan dan mengatur semua keperluan tersebut. Cloud kitchen akan menjamin kebersihan dan kelengkapan bahan baku pada setiap brand yang ada.

  • Lokasi

Kebanyakan lokasi cloud kitchen biasanya berada di pusat-pusat kota karena makanan segar harus segera diantarkan untuk setiap konsumen. Lokasi cloud kitchen yang berada di titik di perkotaan akan memudahkan pelanggan dalam memesan dan memudahkan cloud kitchen untuk mengantarkan makanan yang sudah jadi. Selain itu, lokasi dari cloud kitchen juga biasanya disesuaikan dengan target pasar, seperti daerah kampus untuk target mahasiwa dan daerah dekat kawasan perkantoran untuk target para pekerja.

Permintaan pasar untuk pengiriman makanan secara daring saat ini terus meningkat, maka penting bagi bisnis makanan dan minuman untuk mengembangkan dan memperluas kehadiran bisnis mereka secara daring. Dengan sistem bisnis kuliner cloud kitchen dapat membantu para pengusaha di bidang makanan dan minuman.

Article is not found
Article is not found