Alasan Perlunya Bergabung Komunitas UMKM bagi Pelaku Usaha

Johan Budi | 2022-14-07 15:59:46 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Bisnis yang tergabung dalam komunitas dapat memberikan banyak keuntungan dan pengaruh besar. Komunitas bisa memberikan akses untuk bertemu dengan para profesional, menemukan rekan satu tujuan, menciptakan kolaborasi, atau menemukan mentor yang membawa bisnis semakin berkembang. Komunitas bisa menjadi menjadi wadah untuk berbagi dan bertukar pikiran dengan sesama pengusaha demi kemajuan bisnis bersama.

Manfaat Bergabung Komunitas UMKM

Komunitas UMKM menjadi salah satu wadah yang perlu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan oleh para pelaku usaha bila gabung atau daftar komunitas UMKM. Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa didapat dengan bergabung ke dalam komunitas UMKM:

  • Mendapatkan Ilmu Baru

Di dalam komunitas, ada berbagai cara untuk mendapatkan. Biasanya para anggota akan membagikan ilmu atau informasi yang berasal dari pengalaman pribadi atau dari kisah pengusaha lain.

Dengan begitu, bisa mendapatkan insight menarik seperti tren bisnis terbaru dan riset pasar. Tak jarang pula komunitas UMKM biasanya mengadakan seminar entrepreneurship, pelatihan usaha, hingga konsultasi untuk usaha.

  • Peluang Kerjasama Bisnis

Dengan bergabung ke dalam komunitas, tentunya bisa mengadakan kolaborasi dengan usaha lain. Akan lebih mudah untuk menjalin kerjasama yang berasal dari komunitas yang sama karena berasal dari wadah komunitas yang sama.

  • Wadah untuk Memperkenalkan Produk Usaha

Dengan bergabung ke dalam komunitas UMKM, disana penjual bisa juga memperkenalkan produknya kepada sesame penjual lainnya. Tidak menutup kemungkinan, pengusaha lain akan ikut membantu memperkenalkan produk tersebut kepada kenalannya

  • Membangun dan Memperluas Networking

Relasi dalam bisnis atau networking menjadi hal yang penting dalam membangun usaha semakin besar. Masuk ke dalam sebuah komunitas akan membantu memperluas peluang relasi baru dan mengembangkan usaha yang dijalani.

Itulah beberapa manfaat yang kita dapat dengan bergabung ke dalam komunitas UMKM. Untuk bergabung ke dalam komunitas UMKM ini sudah cukup banyak tersebar di berbagai platform sosial media.

Article is not found
Article is not found