Pentingnya Menentukan Business Plan dalam Berusaha

Johan Budi | 2022-13-07 17:59:54 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Business plan atau rencana bisnis adalah panduan atau dokumen tertulis yang merangkum tujuan bisnis dan operasionalnya secara keseluruhan. Bagi yang ingin memulai bisnis, sebaiknya harus membuat business plan secara matang agar memiliki tujuan yang jelas, baik itu untuk jangka pendek ataupun panjang. Rencana bisnis ini akan membantu dalam menentukan langkah yang tepat dalam sebuah bisnis. Setiap tahapan yang dilewati harus diproses dengan dasar keputusan yang tepat. Dalam mengambil keputusan, business plan menjadi salah satu faktor penunjang agar tidak salah sasaran. Jadi, secara garis besar business plan menjadi penunjuk arah dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis, baik bisnis pribadi maupun perusahaan.

Jenis Business Plan

Terdapat beragam jenis business plan dan setiap business plan tentunya memiliki objektif dan tujuan berbeda-beda. Maka dari itu, berikut beberapa jenis business plan dan kegunaannya:

  • Startup atau General Business Plan

Startup business plan berisi gambaran mengenai perusahaan khususnya startup yang akan didirikan. Rencana bisnis ini berisi penawaran barang atau jasa kepada calon konsumen, evaluasi pasar, struktur marketing, manajemen risiko, serta struktur manajemen lainnya yang nantinya akan diimplementasikan.

  • Growth Business Plan

Growth business plan merupakan rencana bisnis yang berisi rencana pertumbuhan bisnis perusahaan di masa depan. Rencana bisnis bisa digunakan untuk kepentingan internal maupun eksternal, contohnya untuk menerima modal lebih dari para investor.

  • Development Business Plan

Rencana bisnis pengembangan atau development business plan merupakan deskripsi secara rinci mengenai bisnis yang akan dibuat. Pada rencana bisnis operasi ini umumnya meliputi administrasi bisnis, organisasi perusahaan, dan tanggung jawab setiap karyawan. Dokumen ini tidak hanya untuk pihak internal, namun pihak eksternal pun dapat menggunakannya.

  • Operations Business Plan

Rencana bisnis operasi adalah rencana bisnis yang dirancang diperuntukkan kepentingan internal perusahaan. Rencana bisnis ini memuat rencana dan kebijakan tentang operasional perusahaan juga uraian tanggung jawab setiap divisi dalam perusahaan.

  • Strategic Business Plan

Strategic business plan menjadi jenis rencana bisnis yang paling rumit dibandingkan dengan rencana bisnis lainnya karena isinya menjelaskan berbagai strategi secara lebih rinci agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Beberapa komponen yang dianggap penting dimasukkan pada rencana bisnis ini, seperti visi dan misi perusahaan, faktor kritis, strategi untuk mencapai tujuannya, dan jadwal pelaksanaan strategi tersebut.

Mengapa Business Plan Penting

Ada beberapa alasan yang menjadikan business plan sangat penting ketika ingin membangun suatu usaha, berikut beberapa alasan tersebut:

  • Menjadi dasar perencanaan awal bisnis

Rencana bisnis tentunya menjadi perencanaan mulai berdirinya bisnis. Rencana bisnis harus dipikirkan secara matang dan rinci karena akan menjadi pedoman usaha dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

  • Menjadi pedoman pengambilan keputusan

Rencana bisnis ini akan selalu menjadi pemandu para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya sampai masa mendatang. Segala tujuan sudah tercantum dalam rencana bisnis agar pengusaha menjadi focus pada apa yang ingin dicapai pada awal rencana.

  • Mengatur keseluruhan sistem keuangan perusahaan

Business plan juga membantu dalam merencanakan sistem keuangan usaha agar kedepannya bisa meminimalisir kerugian dan selalu focus pada tujuan usaha agar usaha yang didirikan semakin berkembang

  • Menjadi nilai jual kepada investor

Agar bisa meyakinkan investor pastinya usaha yang dikembangkan harus memiliki tujuan yang jelas dan bagaimana langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapainya. Disini business plan berperan penting agar investor tertarik untuk berinvestasi. Untuk itu, pastikan rencana bisnis yang dibuat bersifat profitable untuk kedepannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai business plan serta mengapa penting dalam berusaha. Intinya, business plan atau rencana bisnis adalah komponen atau pedoman yang wajib dimiliki oleh individu atau perusahaan saat hendak memulai bisnis. Setelah membaca artikel ini, alangkah baiknya ketika ingin mulai membangun bisnis dimulai dari membuat business plan terlebih dahulu.

Article is not found
Article is not found