Manfaat Mengikuti Pelatihan UMKM untuk Pengusaha

7 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - UMKM menjadi potensi dan peluang yang tinggi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup terutama bagi masyarakat desa. Oleh karena itulah, tidak sedikit upaya baik dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat untuk meningkatkan jumlah UMKM di berbagai provinsi di Indonesia dengan memberikan berbagai fasilitas untuk UMKM, salah satunya melalui pelatihan UMKM yang terus menerus dilakukan.

Pelatihan UMKM sudah banyak diselenggarakan saat ini, tidak hanya diselenggarakan secara offline, namun juga banyak yang mulai diselenggarakan secara online agar memberi akses kemudahan untuk semua pelaku UMKM yang tersebar di Indonesia.

Manfaat Pelatihan UMKM bagi Pengusaha

Pelatihan UMKM dapat memberikan banyak manfaat. Tidak hanya mendapatkan ilmu baru saja, namun juga bisa mendapatkan jaringan atau kenalan baru dengan pengusaha lainnya. Dengan mendapatkan kenalan baru dengan pengusaha lainnya, tentunya bisa menjalin kerja sama usaha.

  • Meminimalkan risiko biaya dan jumlah kecelakaan kerja

Dengan mengikuti pelatihan UMKM, pengusaha bisa mendapatkan gambaran mengenai topik pelatihan usaha yang diikuti. Dari situ, pengusaha bisa menambah wawasan baru dan bisa meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi, seperti salah mengambil langkah dalam menentukan keputusan dan mengakibatkan kerugian.

  • Meningkatkan Produktivitas

Melalui pelatihan UMKM, produktivitas pelaku usaha dapat meningkatkan karena dengan mengikuti pelatihan dapat meningkatkan keterampilan penjualan dan manajemen usaha.

  • Meningkatkan Kemungkinan Bersaing dengan Kompetitor

Manfaat lain dengan mengikuti pelatihan adalah meningkatkan kemungkinan untuk bersaing dengan kompetitor. Pengusaha akan mendapatkan ilmu dan tips yang berguna untuk meningkatkan keterampilan, wawasan, sikap, dan perilaku baru ke dalam bisnis agar bisa meningkatkan kualitas usha.

  • Berbagi Pengalaman

Dalam pelatihan, pengusaha bisa mendapatkan berbagai pengalaman baik dari mentor maupun sesama pelaku usaha. Dengan mengetahui pengalaman mereka, tentunya dapat menjadi poin pelajaran dalam memecahkan masalah dan mencari solusi dalam berusaha.

Pelatihan UMKM ini biasanya diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM setempat. Namun saat ini, sudah banyak juga pihak swasta yang juga ikut menyelenggarakan pelatihan secara online maupun offline. Dengan mengikuti pelatihan ini, bisa membantu menjadi panduan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis UMKM.

Article is not found
Article is not found