Pengertian Aliansi Strategis pada Bisnis

7 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Pengertian dari aliansi strategis atau strategic alliance merupakan hubungan antar beberapa kelompok yang mempunyai visi dan misi yang sama serta melibatkan beberapa bidang bisnis lainnya. Dalam hal ini, pihak yang melakukan kegiatan aliansi tidak akan menjadi kompetitor secara langsung walaupun memang memiliki produk dan target pasar yang sama.

Strategi aliansi ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar namun, juga bisa dilakukan oleh pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnis mereka sehingga bisnis masing-masing akan menjadi lebih besar dan lancar. Terlebih lagi di masa pandemi banyak sekali UMKM yang terkena dampak dan harus menjalin aliansi antar sesama UMKM.

Sebagai contoh penerapan aliansi strategis, pengusaha UMKM bisa menjalin kerja sama dengan pengusaha packaging makanan. Lalu, aliansi strategis ini juga bisa diterapkan dengan usaha dengan bidang yang sejenis, seperti UMKM yang menjual es krim bekerja sama dengan UMKM yang menjual susu dengan berbagai rasa bisa menciptakan es krim dengan rasa baru.

Manfaat Aliansi Strategis Bisnis

  • Sumber Daya Tercukupi

Dengan aliansi strategis akan saling membantu memenuhi kebutuhan sumber daya perusahaan.  Sesama aliansi akan saling membantu satu sama lain. Dengan saling membantu memenuhi kebutuhan sesame aliansi akan memiliki sumber daya yang tercukupi dan bisnis akan berjalan dengan lancar.

  • Bertukar Ilmu dan Pengetahuan dengan Perusahaan Lain

Perusahaan yang terlibat dalam aliansi strategis bisa saling berbagi ilmu dan pengetahuan. Dengan memiliki pengetahuan dan ilmu yang semakin baik akan membuat daya saing dari setiap perusahaan meningkat. Ilmu tersebut bisa saja berupa

  • Membuat Pemilik Bisnis Lebih Fokus

Aliansi strategis juga membantu pebisnis menjadi lebih fokus dalam menjalankan bisnisnya. Perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan tentang hal-hal yang tidak dikuasai. Aliansi strategis mengisi kekurangan sumber daya suatu perusahaan dan melengkapi kebutuhan sumber daya perusahaan lain. Dengan begitu, akan mempermudah perusahaan untuk fokus terhadap sumber daya yang dimiliki tanpa mengkhawatirkan kekurangan yang ada.

Penerapan strategis aliansi ini membantu mengembangkan dan memperbesar usaha bisnis. Aliansi strategis ini memberi banyak keuntungan untuk perusahaan yang bergabung di dalamnya. Banyak bisnis yang berkembang dengan sangat pesat ketika melakukan aliansi bisnis. Bahkan untuk perusahaan korporasi yang besar sekalipun, aliansi strategis tetap dibutuhkan agar tetap memperlancar bisnis.

Article is not found
Article is not found