|
presentationMitra Resmi

Mengenal Jenis Risiko dalam Berbisnis

Johan Budi, 6 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ketika kita ingin menjalankan suatu bisnis, jelas terdapat risiko yang mungkin kita tidak dapat hindari. Sebelum menjalankan bisnis, ada baiknya kita mempertimbangkan risiko – risiko yang mungkin terjadi kedepannya selama kita menjalankan bisnis. Risiko ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi kebelangsungan bisnis yang dijalankan.

Risiko dalam berbisnis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketidakpastian secara ekonomi (economic uncertainty caused), ketidakpastian disebabkan oleh alam (nature uncertainty caused), dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainty caused).

Jenis-Jenis Risiko dalam Berbisnis

  • Risiko Keuangan

Dalam menjalankan usaha, keuangan menjadi hal yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal aliran kas (cashflow). Pengusaha harus bisa memikirkan cara untuk mengalokasikan kas untuk mengembangkan usaha, membayar gaji karyawan, memenuhi persediaan penjualan, dan masih banyak lagi. Jika arus kas tidak terkelola dengan baik, usaha bisa terancam mengalami kerugian.

  • Risiko Pasar

Risiko pasar merupakan risiko yang terjadi karena adanya perubahan zaman, baik itu gaya hidup, pelanggan, dan produk baru yang lebih unggul. Kondisi pasar menjadi salah satu hal yang perlu diperhatika oleh para pengusaha. Kondisi pasar akan selalu mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Mengikuti tren pasar menjadi langkah yang penting dikarenakan jika kita tidak mengikutinya, kita akan tertinggal dengan pesaing kita dan para pelanggan akan lebih tertarik dengan produk yang mengikuti tren pasar. Para pengusaha harus terus melakukan inovasi dan lebih kreatif dalam membuat produk agar bisa bersaing dengan produk dari perusahaan lain.

  • Risiko Persaingan

Dalam berbisnis, tentunya kita akan dihadapi dengan persaingan dengan produk-produk dari pengusaha lainnya. Hal ini tentu harus diperhatikan dikarenakan jika produk kita tidak mengalami peningkatan, maka produk pesaing bisa lebih laku. Para pengusaha harus terus melakukan improvisasi atas produk yang dijual agar tidak kalah saing dengan pengusaha lain.

  • Risiko Sumber Daya Manusia

Ketika menjalani usaha, karyawan yang bekerja bisa mempengaruhi kinerja perusahaan juga. Karyawan yang bekerja bisa saja mengalami kegagalan untuk memenuhi tugas yang mereka kerjakan di tempat kerja karena bisa saya karyawan tersebut sakit, melakukan kecurangan, kurang arahan, dan berbagai macam sebab.

  • Risiko Bencana Alam

Bencana alam menjadi hal yang tidak bisa kita perkirakan akan terjadi. Para pengusaha mungkin bisa mengambil langkah antisipasi, seperti mempunyai asuransi agar kerusakan bisa diminimalisir, menghindari daerah yang rawan mengalami bencana alam, dan banyak cara untuk mengantisipasinya.

  • Risiko Kebijakan Pemerintah

Seiringnya berkembangnya zaman, regulasi yang dibuat oleh pemerintah juga akan mengalami perubahan. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengusaha harus siap dengan kebijakan yang diberikan pemerintah dan mengikuti aturannya, walau akan mempengaruhi usaha. Pengusaha harus mencari cara agar bisa beradaptasi dengan regulasi yang diterapkan dan tidak melanggarnya.

Itulah beberapa jenis risiko yang mungkin terjadi ketika kita ingin menjalankan suatu bisnis usaha. Risiko usaha sudah harus dipertimbangkan sebelum kita menjalankan suatu bisnis agar siap dengan konsekuensi yang mungkin terjadi dari risiko itu.

Article is not found




footer-sobat-pajak