|
presentationMitra Resmi

Mengapa Repeat Purchase Penting dalam Berusaha?

Johan Budi, 8 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam berbisnis, tentu kita ingin pelanggan kita selalu melakukan pembelian berulang (Repeat Purchase) terhadap produk yang kita jual. Tentu pembelian berulang dari pelanggan yang sama akan membantu perusahaan meningkatkan penjualannya.

Pembelian berulang atau (repeat purchase) merupakan kondisi dimana konsumen membeli barang atau jasa yang sama menggantikan barang atau jasa yang sebelumnya dia beli. Biasanya repeat purchase ini dilakukan oleh pelanggan yang sudah mengenal baik produk yang ia beli. Repeat purchase ini juga menjadi tanda bahwa penjual sudah mendapatkan loyalitas konsumen.

Mengapa Repeat Purchase Penting

  1. Menandakan Keberhasilan Strategi Customer Retention

Customer retention adalah berbagai cara yang dilakukan perusahaan agar bisa mempertahankan pelanggannya supaya tetap menggunakan barang atau jasa yang diberikan. Customer retention ini berhubungan erat dengan loyalitas pelanggan. Jika strategi yang digunakan tepat, maka pelanggan tidak hanya akan menaikkan pendapatan usaha, namun juga akan memberikan testimoni yang baik terhadap produk yang dijual.

  1. Menandakan Indikator Customer Lifetime Value (CLV) yang Baik

Customer Lifetime Value (CLV) merupakan perhitungan yang digunakan untuk memperkirakan nilai total pendapatan yang bisa didapatkan dari pelanggan tersebut. Sebagai contoh, Pak D membeli kue dengan harga Rp30.000. Pak D akan selalu membeli kue tersebut satu kali setiap bulan selama satu tahun. Maka, CLV dari Pak D adalah Rp360.000. Semakin sering pelanggan melakukan repeat purchase, maka nilai CLV yang didapat akan semakin tinggi.

  1. Lebih Mudah Untuk Berjualan kepada Pelanggan repeat purchase dari pada new purchase

Untuk menarik pelanggan melakukan new purchase, pengusaha tentu membutuhkan biaya marketing yang lebih besar, agar mereka tertarik dan mau mencoba membeli. Pelanggan yang sudah melakukan repeat purchase sudah tahu dengan baik kualitas produk yang dijual, sehingga kesempatan mereka melakukan pembelian akan lebih besar dari pada pelanggan new purchase.

Banyak pengusaha yang terlalu mementingkan cara untuk mendapatkan pelanggan baru. Padahal, pelanggan tetap memberikan banyak keuntungan, tidak hanya dari satu sisi, namun kedua pihak mendapatkan keuntungan. Pihak pelanggan akan merasa senang dengan produk yang didapat dan bisa mendapat potongan harga dan pihak penjual akan mendapatkan penjualan lebih banyak dan bisa menaikkan reputasi penjual.

 

Article is not found




footer-sobat-pajak