|
presentationMitra Resmi

Penerapan Cloud Computing untuk Kemajuan Bisnis

Johan Budi, 11 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini, penggunaan teknologi dalam berbisnis semakin membantu para pebisnis dalam menjalankan usahanya. Salah satunya, penggunaan teknologi cloud computing yang semakin ramai dalam kegiatan berbisnis. Semakin banyak pengusaha yang mulai menerapkan teknologi cloud computing ini.

Namun, tidak sedikit yang masih awam dengan adanya penerapan terknologi ini dan apa manfaatnya untuk kegiatan usaha.

Cloud computing atau komputasi awan merupakan teknologi dimana kita bisa menyimpan dan mengakses data & program yang tersimpan di cloud melalui internet dimana saja, kapan saja, dan bisa menggunakan perangkat apa saja.

Salah satu implementasi cloud computing yang sering kita gunakan tanpa kita sadari adalah layanan email berbasis website atau aplikasi dimana semua pesan email yang disimpan menggunakan teknologi komputasi awan. Selama kita terhubung dengan internet, kita bisa mengakses pesan email tersebut dimana pun menggunakan perangkat eletronik.

Manfaat Penggunaan Cloud Computing untuk Bisnis

  • Tidak membutuhkan Investasi yang Besar

Pengguna tidak perlu membutuhkan pengeluaran yang besar. Dengan menggunakan penyedia layanan cloud, pengguna tidak perlu membeli perangkat komputer beserta perangkat jaringannya, serta biaya instalasi bisa terhindarkan. Selain itu, perusahaan tidak perlu melakukan

  • Akses Mudah dan Aman

Pengguna tidak harus berada di depan komputer jika ingin mengakses aplikasi untuk kepentingan operasional perusahaan. Pengguna bisa menggunakan perangkat elektronik apapun untuk mengakses data dan aplikasi dengan mudah di mana saja dan kapan saja asalkan perangkat terkoneksi dengan internet.

  • Skalabilitas yang tinggi

Keunggulan menggunakan cloud adalah kemampuan untuk melakukan scale up and down cepat sesuai dengan tuntutan real time. Pengguna bisa meningkatkan kapasitas cloud dengan mudah tanpa harus membeli peralatan tambahan. Pengguna hanya perlu meminta kepada cloud provider untuk menambah kapasitas.

  • Mengurangi Biaya Pemeliharaan

Dengan menggunakan teknologi cloud computing, pengguna tidak perlu membayar biaya pemeliharaan (maintenance), pengelolaan, dan peningkatan sistem. Layanan cloud computing sudah termasuk itu semua, jadi biaya pemeliharaan dan gaji untuk karyawan IT dapat diminimalisir.

  • Membayar sesuai Kebutuhan Penggunaan

Salah satu penyebab banyak perusahaan beralih menggunakan cloud karena dapat menghemat biaya penggunaan. Penggunaan server dalam perusahaan akan memakan biaya listrik yang banyak ditambah ada biaya pemeliharaan.

Saat ini para pelaku UMKM di Indonesia perlu menyadari pentingnya untuk mengaplikasikan teknologi ke dalam usaha mereka. Namun, masih banyak pelaku usaha yang ragu untuk mempunyai sistem informasi milik mereka sendiri dikarenakan dibutuhkan modal investasi yang besar untuk memilikinya.

Nah, dengan adanya cloud computing ini, para pelaku usaha dapat menyewa jasa layanan tersebut tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Apalagi banyak keuntungan yang diberikan dengan menggunakan cloud computing seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan adanya kehadiran teknologi cloud computing ini, para pelaku usaha dapat meminimalisir pengeluaran untuk pengembangan bisnis yang lebih besar di masa mendatang.

Article is not found




footer-sobat-pajak