Tips Memilih Aplikasi Kasir untuk Usaha

Johan Budi | 2022-06-06 14:23:11 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam menjalankan usaha, mesin kasir menjadi komponen penting dalam pencatatan transaksi, apalagi semakin berkembangnya zaman mesin kasir pun mengalami kemajuan menjadi Point of Sale (POS).

POS adalah sistem komputerisasi yang menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras tidak hanya merekam penjualan, namun juga memiliki fungsi lainnya, seperti sistem berbasis cloud, manajemen staff, dan lain-lain. Saat ini, sudah banyak usaha yang beralih dari mesin kasir menjadi POS dikarenakan POS memudahkan para usaha menjalani usaha dengan efisien.

Tips Memilih Aplikasi Kasir

  1. Aplikasi disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Banyak sistem POS yang memberikan banyak fitur kepada penggunanya agar memudahkan penjualan. Namun, fitur POS perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, restoran, dan lain sebagainya memiliki perbedaan penggunaan. Oleh karena itu, sebaiknya fitur yang diberikan disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan agar tidak membingungkan penggunaan.

  1. Kemudahan dalam Penggunaan

Tampilan yang user friendly sudah menjadi aspek yang penting dalam kelangsungan bisnis. Dengan aplikasi yang mudah dimengerti dan mudah digunakan tentu akan mempercepat dan memudahkan penggunaan.

  1. Software Berbasis Cloud

Dengan adanya teknologi berbasis Cloud, data segala transaksi beserta lain-lainnya akan tersimpan secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, penjual dapat mengakses data tersebut dimana saja dan kapan saja selama perangkat terhubung dengan internet.

  1. Keamanan Data Terjamin

POS yang berbasis online akan menyimpan data transaksinya ke database penyedia jasa POS. Disini pengguna harus memilih aplikasi yang terjamin keamanannya dan reputasinya agar tidak ada kebocoran data.

  1. Terdapat Layanan Customer Service

Dalam penggunaan teknologi, tentu sering mengalami error atau ada masalah yang tiba-tiba muncul. Tentu ketika POS mengalami error akan menghambat jalannya kegiatan bisnis. Disini customer service berperan untuk membantu para pengguna yang mengalami kendala tersebut.

  1. Aplikasi Tersinkronisasi dengan Stok Penjualan

Dengan aplikasi POS yang tersinkronisasi dengan stok penjualan, tentu akan memudahkan pemilik usaha dalam mencatat persediaan penjualan.

Article is not found
Article is not found