Go Digital Strategi Memperkuat UMKM

Sobat Pajak | 2022-03-06 16:38:02 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Di era digital sekarang, kita bisa mendapatkan berbagai hal hanya dengan mengakses computer atau smartphone. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh yang signifikan ke berbagai bidang, terutama dalam bisnis. Perusahaan harus bisa menyesuaikan usahanya dengan kemajuan zaman, apalagi sekarang sudah marak dengan bisnis yang berbasis go digital.

Go digital atau digitalisasi adalah proses dimana adanya perubahaan bisnis dari yang bersifat konvensional menjadi virtual. Perubahan bisnis ini dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses berjalannya usaha.

Namun, sampai saat ini masih ada beberapa pelaku UMKM yang belum menerapkan go digital ini. Ketua Umum idEA Bima Laga menyampaikan bahwa ada sekitar 19 juta UMKM yang sudah berjualan di platform digital yang di bawah naungannya dan masih ada 11 juta yang belum bergabung platform digital. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM sudah masuk platform digital pada 2024.

Alasan UMKM Perlu Menerapkan Go Digital

Berikut penjelasan beberapa alasan mengapa para pelaku UMKM perlu menerapkan go digital pada bisnisnya:

  • Menjangkau target pasar yang lebih luas

Dengan memanfaatkan sosial media, iklan di situs website, marketplace, dan lain-lainnya, usaha para UMKM dapat lebih mudah dilirik oleh para konsumen. Marketing tradisional akan memakan waktu lebih lama dan juga hany

  • Mengurangi risiko kehilangan target pasar

Saat ini, banyak sekali usaha konvensional yang kehilangan pelanggan dikarenakan banyak pelanggan yang mulai berpindah untuk berbelanja melalui platform digital dikarenakan kemudahannya. Jika para pelaku UMKM tidak menyesuaikan, maka mereka bisa kehilangan pendapatan dari para pelanggan.

  • Pengguna Internet semakin bertambah

Setiap tahunnya, pengguna internet di dunia, termasuk Indonesia bertambah secara signifikan. Tentunya dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka akan semakin banyak pengguna yang memanfaatkan platform digital untuk berbelanja.

  • Memangkas biaya operasional

Dengan menerapkan go digital para pelaku bisa memangkas biaya operasional, seperti biaya sewa kios. Saat ini, para pelaku UMKM tidak harus mempunyai toko fisik agar produk yang dijualnya dapat dikenal. Pelaku UMKM bisa membuat website untuk sebagai tempat untuk menjual produknya. Selain itu, biaya pembuatan website memakan biaya jauh lebih terjangkau daripada harus menyewa tempat fisik untuk usaha.

  • Kemudahan mengelola bisnis

Saat ini platform marketplace, memberikan layanan kepada penjualnya fitur analisis penjualan, pengaturan stok, dan macam-macam sampai fitur laporan penjualan bulanan. Tentu hal ini sangat meringankan pekerjaan para pelaku UMKM dalam mengelola laporan keuangan.

Perpindahan ranah bisnis dari yang bersifat konvensional ke go digital tentu akan terdapat beberapa konsekuensi yang harus ditanggung, seperti perlu menguasai penggunaan teknologi, perlu menguasai teknik packaging, dan lain-lain. Namun dengan memanfaatkan go digital bisnis UMKM akan naik kelas di mata para konsumen. Para konsumen akan merasa produk hasil dari UMKM tidak kalah dengan produk buatan mancanegara.

Article is not found
Article is not found