Pentingnya UMKM Menguasai Pembukuan Sederhana

Johan Budi | 2022-23-05 10:07:59 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pembukuan menjadi salah satu unsur penting dalam menjalankan bisnis. Namun, nyatanya masih banyak UMKM yang mengabaikan pembukuan ini, terutama UMKM dengan skala kecil.

Banyak yang merasa proses pembukuan ini tidaklah penting dikarenakan usaha bisnis yang masih kecil. Ada beberapa juga yang merasa bahwa sistem pembukuan ini merepotkan mereka. Padahal pembukuan merupakan hal yang penting ketika menjalankan suatu bisnis, pembukuan juga bisa dilakukan disaat ada waktu senggang, tidak harus setiap saat. Tidak sedikit UMKM yang ada mengalami kesulitan dalam melakukan manajemen keuangan bisnisnya. Hal ini tentunya disebabkan kurangnya kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan manajemen keuangan dan melakukan pembukuan usahanya. Pembukuan yang sederhana dan mudah dimengerti memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan bisnis. Dengan adanya pembukuan, pelaku UMKM bisa memantau keadaan keuangan usahanya, serta mengetahui kinerja bisnis yang dilakukannya.

Pentingnya Pembukuan Untuk Usaha Bisnis

Berdasarkan UU No. 28 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 29, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut.

Pembukuan mencakup segala informasi keuangan yang ada, sehingga keadaan finansial suatu bisnis dapat dipantau dengan mudah. Penting bagi pelaku usaha untuk memperhatikan aliran kas, baik itu pemasukan, pengeluaran, utang, dan piutang agar pelaku usaha bisa menghitung besar margin bisnisnya. Pembukuan membantu pemilik UMKM untuk mengetahui besar keuntungan atau kerugian yang didapat dari setiap transaksi yang tercatat. Alangkah baiknya pembukuan dibuat dalam format yang rapi dan mudah dimengerti, agar pelaku bisnis bisa lebih mudah dalam melakukan analisis dan mempermudah pengambilan keputusan. Dengan adanya aplikasi pembukuan, pelaku UMKM bisa lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan pembukuan, serta pembukuan bisa diakses secara online dimana saja.

Article is not found
Article is not found