Tantangan UMKM dalam Menghadapi Era Digitalisasi

Johan Budi | 2022-20-05 14:54:42 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Seiring berkembangnya zaman, teknologi berkembang terus menerus. Teknologi memiliki peran yang penting dalam segala aspek kehidupan.

Pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan usahanya agar bisnisnya tetap bisa berjalan dan terus mendapatkan pemasukan. Di sini pelaku UMKM bisa melakukan digitalisasi UMKM dimana UMKM melakukan perubahan sistem yang bersifat konvensional menjadi digital agar bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan bisnis.

Pemasaran dengan menggunakan platform digital akan lebih memiliki efek yang lebih besar terhadap kemajuan UMKM dibandingkan jika melakukan pemasaran konvensional. Di samping itu, UMKM dengan memanfaatkan platform digital akan jauh lebih efisien terhadap modal usaha, karena dapat mengurangi biaya promosi, biaya sewa dan biaya karyawan. Dapat membuat jam buka operasional dan target pasar menjadi tidak terbatas. Pelaku UMKM perlu memiliki kreatifitas yang lebih dalam memanfaatkan era digital. Kemajuan teknologi yang ada sudah harus dimanfaatkan sebagaimana mestinya, jika tidak maka usaha kita akan sulit untuk bersaing dengan usaha yang sudah berbasis digital.

Article is not found
Article is not found