|
presentationMitra Resmi

Bantuan Pemerintah Untuk Wirausahawan Wanita UMKM 

Amara, 5 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pemerintah sedang gencar-gencarnya menyediakan akses pendanaan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di tengah pandemi ini. Pendanaan ini dilatar belakang karena pandemi Covid-19 menyebabkan hampir banyak UMKM kesulitan. 

Nah, salah satu cara pemerintah mempermudah pelaku UMKM dalam mengakses pendanaan adalah melalui perusahaan milik BUMN yaitu PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Tbk atau disingkat menjadi PNM.

PNM berfungsi untuk menyalurkan pinjaman kepada pelaku UMKM lewat produk mereka yaitu PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) dan PNM Mekaar Plus tanpa jaminan sama sekali. Sekarang, target PNM ini ditujukan untuk pengusaha wanita. Penerima pinjaman ini nantinya akan dikenakan Rp 15 juta  lewat program PNM Mekaar Plus. 

Syarat Penerimaan PNM Mekaar

Program PNM Mekaar sendiri diluncurkan dari tahun 2015 dan sudah banyak membantu kaum perempuan dalam mengembangkan usaha mereka melalui pinjaman tanpa jaminan yang diberikan. Untuk PNM Mekaar (non-plus), penerima modal bisa mendapatkan pinjaman modal dari Rp 2 juta – Rp 5 juta tanpa syarat jaminan. Bagi para nasabah PNM Mekaar juga akan mendapatkan bimbingan usaha. .

Walaupun tidak ada syarat jaminan, tapi ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi apabila sobat pajak berminat untuk mengajukannya, yaitu:

  •       Nasabah PNM Mekaar dikhususkan untuk  kaum perempuan
  •       Harus sudah memiliki modal kerja
  •       Usia minimal untuk menjadi nasabah yaitu 18-55 tahun.
  •       Membentuk kelompok minimal 10 orang
  •   Pada saat pembayaran untuk cicilan, nasabah harus hadir dan setor sendiri saatkolektif mingguan
  •       Melengkapi dokumen seperti e-KTP dan lainnya.

Lamanya angsuran atau cicilan yang diberikan juga tergolong ringan. PNM memberikan waktu 25 hingga 50 minggu untuk melunaskan. 

PNM Mekaar Plus

Nah, untuk sobat pajak yang usahanya mulai berkembang, kamu dapat melakukan upgrade ke PNM Mekaar Plus. Syaratnya sama saja seperti PNM Mekaar non-plus. Hanya saja pinjaman yang diberikan lebih besar sampai dengan Rp 15 juta. Bahkan jika berkembang terus, bisa diberikan pinjaman hingga Rp 25 juta loh.

Yuk, bagi kalian yang memenuhi syarat, manfaatkan kesempatan yang ada ini untuk mendapatkan ekspansi bisnis kalian ya! 

Article is not found




footer-sobat-pajak