|
presentationMitra Resmi

Ini Nih, Tips Agar Penjualan UMKM Kamu Naik!

Tommy, 25 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pelaku UMKM pasti pernah berpikir, bagaimananya caranya meningkatkan penjualan di tengah market yang sangat kompetitif ini. Meningkatkan penjualan bukanlah hal yang mudah, karena akan ada banyak aspek yang perlu sobat perhatikan dan pahami. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa tips berikut.

1.  Value Proposition

Preposisi value ini dibutuhkan untuk menunjukan keunggulan produk yang kita tawarkan dibandingkan dengan kompetitor. Nilai keunggulan tidak hanya melekat pada produk yang kita tawarkan namun juga dalam berbagai bentuk seperti kecepatan, pelayanan post-purchase yang diberikan, brand image yang dimiliki bisnis kita, banyaknya pilihan yang ditawarkan, dan masih banyak lagi. Ketika produk yang ditawarkan memiliki keragaman nilai dan kebetulan konsumen mencari nilai yang ditawarkan, maka penjualan juga akan meningkat.

2.  Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Segmentasi pasar dari produk atau jasa yang akan dijual juga diperlukan untuk menentukan posisi produk di tengah pasar. Jangan sampai salah memilih segmen, sebagai contoh apabila sobat memiliki produk dengan pelayanan yang bagus, kualitas terjamin, dan harga tinggi tapi menargetkan pasar menengah kebawah, kemungkinan besar tidak akan laku dan penjualan akan menurun. Sedangkan, jika kita menargetkan dan memposisikan produk kita untuk kalangan atas, kemungkinan besar penjualan akan meningkat dan laku.

3.  Marketing Mix 4P

Marketing Mix 4P adalah gabungan teknik pemasaran yang mengacu kepada product, price, promotion, dan place. Ketika penjualan rasanya kurang baik atau tidak mengalami peningkatan, ada baiknya sobat melakukan peninjauan kembali atas komponen-komponen marketing mix. 

  •       Produk

Kembali lagi ke poin pertama dan kedua. Produk yang sobat tawarkan haruslah memiliki nilai keunggulan yang membuatnya menarik bagi para konsumen. Sobat juga harus menargetkan segmen pasar yang tepat agar produk bisa laku dan penjualan meningkat.

  •       Harga (Price)

Tetapkan harga yang pas dan juga kompetitif untuk produk atau jasa yang akan sobat jual. Pastikanlah harga yang ditetapkan sesuai dengan nilai yang ditawarkan produk dan juga segmen yang sobat targetkan. Ketika kita menetapkan harga tinggi untuk barang berkualitas untuk target pasar masyarakat kalangan atas, pastilah akan laku. Tapi jika untuk kalangan menengah atau kebawah, penjualan pastinya susah dan malah akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, penetapan harga itu penting agar produk atau jasa yang kita tawarkan laku.

  •       Lokasi (Place)

Sobat perlu menentukan lokasi yang tepat agar penjualan dapat meningkat. Ditambah lagi, dengan hadirnya marketplace digital seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, juga dapat menjadi peluang baru untuk usaha sobat pelaku UMKM untuk menawarkan dan menjual produk atau jasa. Tentukanlah lokasi sesuai dengan produk dan segmen yang sobat targetkan.

  •       Promosi (Promotion)

Sobat juga perlu melakukan berbagai bentuk promosi. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi yang ada agar membuat promosi kalian menarik dan dapat menjangkau banyak calon konsumen. Strategi promosi yang tepat dapat membuat produk kalian lebih dikenal dan bisa meningkatkan status pembeli jadi pelanggan.

Jangan lupa untuk selalu konsisten, karena konsistensi juga salah satu kunci sukses sebuah bisnis.

Article is not found




footer-sobat-pajak