|
presentationMitra Resmi

Tantangan Utama UMKM dalam Pembukuan Transaksi

Jeven, 2 months ago
article-sobat-pajak

Jakarta - Dalam sebuah usaha, tentunya ada kegiatan transaksi yang menjadi sumber pendapatan yang membuat usaha tersebut dapat tetap bertahan hingga saat ini. Salah satu aspek yang membuat usaha dapat terus bertahan adalah dengan adanya pemasukan yang diperoleh dari transaksi sehari-hari.

Untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran dari sebuah usaha, diperlukan pembukuan pada transaksi yang terjadi setiap hari. Selain pemasukan dan pengeluaran, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari adanya pembukuan seperti berapa keuntungan yang diperoleh hari ini, kerugian yang dialami, jumlah modal yang tersisa, dan lain sebagainya.

Namun, dalam melakukan pembukuan tidak akan semudah yang dipikirkan. Untuk melakukan pembukuan diperlukan keahlian dan pemahaman bagaimana cara mencatat transaksi dan menghitungnya. Biasanya perusahaan yang sudah besar akan menggunakan jasa akuntan professional dalam mengatasi masalah pembukuannya, sedangkan untuk UMKM pembukuan dapat dilakukan sendiri dikarenakan jumlah transaksi yang tidak sebanyak perusahaan besar.

Ada beberapa tantangan yang dialami UMKM dalam melakukan pembukuan yaitu seperti kesalahan penginputan data, biasanya kesalahan kecil ini terjadi apabila masih melakukan pembukuan secara manual atau konvensional.

Selain salah menginput data, dengan melakukan pembukuan secara manual juga memungkinkan terjadinya kehilangan data atau rusak, hal ini mungkin terjadi karena penumpukan kertas di tempat usaha sehingga membuat kita harus merapikan data yang sudah tertumpuk dan ada kemungkinan data tersebut hilang selama dirapikan.

Hal tersebut bukan hanya bisa terjadi dalam pembukuan manual, meski sudah menggunakan pembukuan digital seperti software akuntansi, tetap ada kemungkinan terjadinya kesalahan atau kehilangan data meski risikonya jauh lebih minim.

Untuk meminimalisir kesalahan atau kehilangan data, pelaporan keuangan dapat dipantau secara realtime guna meminimalisir hal tersebut. Software akuntansi akan selalu membackup setiap data yang diinput sehingga akan mempermudah bagi kita untuk melacak data yang ingin dicari.

Article is not found




footer-sobat-pajak