|
presentationMitra Resmi

Upaya Kemenhub dalam Mendukung UMKM

Fatimah, a month ago
article-sobat-pajak

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menjalankan peningkatan kualitas produk-produk yang dimiliki mereka agar dapat mendunia.

Pada komitmen tersebut ditunjukkan dengan pelaksanaan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) periode Januari 2021 di bawah koordinasi Budi Karya.

Menurut informasi yang disampaikan Kompas.com, Budi Karya dalam kampanye Gernas BBI yang digelar secara virtual pada Senin (11/01/2021), disampaikan bahwa melalui gerakan tersebut pemerintah mendorong merek nasional produk lokal yang telah dikurasi untuk menjadi UMKM Top Brand. Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat memajukan kualitas produk lokal dan dapat bersaing dengan produk luar.

Selain itu, Budi Karya kembali menjelaskan dukungan yang diberikan sektor transportasi untuk Gernas BBI tersebut antara lain memberikan fasilitas area komersial dan display produk UMKM dalam negeri pada setiap transportasi publik seperti di terminal, stasiun, bandara, hingga pelabuhan.

Kemudian, pada kebijakan lain terdapat pengalokasian area komersil di setiap transportasi bagi para pelaku UMKM dalam negeri. Serta, meningkatkan belanja barang berupa produk UMKM meliputi di lingkungan Kementerian Perhubungan hingga di lingkungan penyelenggara layanan transportasi.

Adapun rekan-rekan operator pada sektor transportasi sangat antusias dan memberikan sambutan baik dalam menjalankan kampanye Gernas BBI. Bagaimanapun juga, sebagai warga Indonesia, jangan merasa malu untuk mendukung dan menggunakan produk-produk lokal. Momen ini merupakan lampu hijau dan peluang terbesar para pelaku UMKM dalam terus mengembangkan produk mereka dalam menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Adapun kampanye akan digelar di sejumlah kawasan daerah yaitu di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Stasiun Gambir Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Menurut informasi dariĀ  Dephub.go.id yang dikutip pada Selasa (12/01/2021), Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, para operator transportasi dan pihak terkait lain menggelar peluncuran Gernas BBI di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada Senin (11/01/2021).

Adapun keberhasilan dalam meraih sebanyak 3,7 juta unit UMKM onboarding. Jumlah tersebut setara dengan 85 persen dari target. Luhut Binsar selaku Menko Marvers menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan awal mula yang positif dalam mendukung Gernas BBI.

Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu fokus utama digelarnya kampanye Gernas BBI 2021 adalah demi membangkitkan kembali perekonomian lokal. Adapun upaya-upaya yang dilakukan seperti menyebarluaskan kolaborasi dengan melibatkan peran aktif pemerintah daerah, media massa dan sektor swasta.

Adapun tujuan digelarnya kampanye tersebut yaitu demi memperkuat industri dalam negeri dengan cara memperbaiki ekosistem berusaha bagi pelaku industri kreatif, menciptakan peluang seluas-luasnya bagi industri dalam negeri, serta memunculkan ragam potensi dalam menuangkan kreasi khas Indonesia pada produk.

Article is not found




footer-sobat-pajak