Pemerintah Beri Dana Bantuan kepada UMKM

Fatimah | 2020-08-12 13:25:25 | 3 years ago
article-sobat-pajak

Jakarta - Salah satu sektor yang sangat membutuhkan bantuan demi mempertahankan usaha mereka selama menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah Usaha Mikro Kecil, dan Menengah. Pemerintah tentunya telah memberikan banyak insentif pajak guna mempertahankan seluruh pelaku usaha termasuk UMKM.

Selain pemerintah memberikan bantuan berupa insentif pajak terdapat beberapa perusahaan raksasa yang ikut memberikan bantuan kepada pelaku usaha UMKM berupa dana pinjaman. Google menjadi salah satu perusahaan raksasa yang turut membantu pelaku UMKM dengan memberikan dana bantuan tersebut. Adapun dana pinjaman yang diberikan kepada pelaku UMKM sebesar US$ 10.000.000.  

Manajer Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia, Danny Ardianto dalam jumpa pers secara online pada Rabu (18/11/2020) menyampaikan bahwa Google turut memberikan bantuan dana pinjaman sebesar US$ 10.000.000 sebagai bentuk peduli dan menggandeng Kiva yang sudah berpengalaman menyalurkan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM.

Kontribusi yang dijalin oleh Google dengan Kiva diharapkan dapat menggandeng banyak penyalur sebagai provider yang memiliki wewenang guna menyalurkan pinjaman dana tersebut. Persyaratan dan ketentuan tentunya berlaku untuk pengguna dalam mengajukan bantuan dana pinjaman tersebut dari Kiva dan penyalur.

Para mitra lokal difokuskan untuk memberikan penyalur dana ke UMKM di Indonesia. Setelah itu, berdasarkan jenis-jenis sektor UMKM, persyaratan sampai dengan suku bunga ditentukan Kiva bersama lokal mitranya.

Program tersebut diharapkan dapat menyerap banyak UMKM. Adanya program tersebut dapat melengkapi program lain yang sudah dijalankan sehingga program dana pinjaman tersebut dapat meringankan sekaligus membantu pemerintah dalam membantu mempertahankan pelaku usaha UMKM.

Selain membahas dana pinjaman yang diberikan Google kepada UMKM Tanah Air, adapun pembahasan mengenai usulan digitalisasi sektor UMKM. Melihat kondisi tertekan saat ini, pengalaman yang didapatkan dari berbagai kendala yang menekan ekonomi membuat UMKM memiliki peran penting dalam memberikan solusi sebagai penyangga dalam memulihkan kendala ekonomi tanah air. Solusi yang dimaksud seperti percepatan transformasi digital.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM bernama Putri Tanjung memiliki ambisi untuk mengajak innovator yang masih hijau untuk dukung program digitalisasi UMKM melalui program Pahlawan Digital UMKM.

UMKM selama menghadapi situasi sulit ini awalnya mengalami keterpurukan seperti berkurangnya konsumen atau bahkan gulung tikar usaha mereka. Namun, terdapat sepuluh hingga sebelas juga pelaku usaha UMKM terhubung dengan media digital yang menjadi salah satu solusi dalam menghadapi pandemi selama menjalankan dunia usaha mereka.

Selanjutnya, Inovasi dan layanan digital yang akan ditampilkan oleh para pelaku usaha UMKM yang memanfaatkan era digital ini diharapkan mampu menyelesaikan kendala-kendala lokal yang terjadi di lapangan. Menurut data BPS per bulan September tahun 2020, kondisi dunia usaha pada sektor UMKM cukup mengalami pukulan hebat.

Article is not found
Article is not found