|
presentationMitra Resmi

Apa Itu Business Intelligence dan Mengapa Sangat Penting?

Tommy, 23 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Perkembangan teknologi memberikan berbagai kemudahan bagi para pebisnis. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik, dapat mempermudah para pengusaha dalam mengelola bisnis mereka. Salah satu teknologi yang berguna bagi para pengusaha adalah Business Intelligence (BI).

Business Intelligence atau yang Bahasa Indonesianya Inteligensi Bisnis adalah sebuah sistem, aplikasi, dan teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, diolah dan ditampilkan dalam bentuk informasi yang berbentuk kesimpulan komprehensif serta akurat. Data merupakan elemen terpenting dalam Business Intelligence.

Pada level perusahaan, data yang digunakan untuk BI biasa bersumber pada database yang dapat menampung data yang sangat besar atau biasa disebut juga data warehouse. Kesimpulan tersebut dapat digunakan untuk melakukan pengukuran, analisis, dan monitoring operasional dalam sebuah instansi atau perusahaan yang akan membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan agar lebih efektif dan efisien.

Menggunakan BI dapat membantu pengusaha dalam mendapatkan informasi terkait jalannya sebuah bisnis yang nantinya berguna dalam pengambilan keputusan, mempermudah mengetahui bagian bisnis yang bermasalah seperti performa yang menurun pada divisi tertentu, melakukan pengukuran kinerja perusahaan, memberikan data terkait performa bisnis seperti banyaknya produk yang terjual.

BI sangat membantu manajemen dalam melakukan monitoring atau pengawasan perusahaan, karena BI memberikan informasi baik historical ataupun data terbaru. Lewat data-data yang dihasilkan oleh BI tersebut, pihak manajemen dapat melakukan perencanaan kedepannya dan mengambil keputusan yang lebih menguntungkan untuk perusahaan. Beberapa alasan mengapa perlu dibangunnya Business Intelligence adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi tingkat pencapaian perusahaan

Penggunaan BI mendukung perusahaan untuk mencapai visi strategis mereka dengan menyelaraskan semua level untuk fokus pada aktivitas yang berkaitan langsung dengan visi strategis.

  • Monitoring kinerja perusahaan dan mengidentifikasi masalah

BI memberikan perusahaan terkait kinerja di berbagai level. Menggunakan BI, kita mendapatkan informasi tentang masalah kinerja dalam perusahaan.

  • Menggali lebih dalam sumber data yang ada

Data yang dimiliki gagal dimanfaatkan  dengan baik oleh banyak perusahaan, sementara BI menyediakan semua data operasional yang bersifat strategis dan metrik kinerja yang berguna untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan yang meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.

Business Intelligence merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis saat ini dan juga di masa yang akan mendatang. Tanpa adanya BI, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam identifikasi masalah yang terjadi dan juga sulit dalam mengukur kinerja perusahaan. Jika kinerja buruk tersebut tidak bisa dideteksi, akan sulit untuk membenahinya, yang berujung merugikan perusahaan serta semakin sulit memenangkan pangsa pasar walau strategi bisnis sudah baik. Business Intelligence terus berkembang seiring dengan perkembangan bisnis dan didukung oleh teknologi yang terus maju dan tentunya harus didukung oleh sumber daya yang baik.

Article is not found




footer-sobat-pajak