Jangan Patah Semangat, RI Bisa Jadi Negara Produsen!

Fatimah | 2020-10-12 15:02:04 | 3 years ago
article-sobat-pajak

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir dalam acara yang diselenggarakan secara virtual dengan judul Pembukaan UMKM Export Briliantprenuer pada Kamis (10/12/2020) memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya pengusaha Indonesia untuk tidak hanya menjadi pasar bagi produsen negara lain.

Erick Thohir menerangkan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disebut dengan UMKM harus mengambil bagian. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara produsen yang mampu melakukan ekspor kepada negara-negara lain.

Kemudian, adapun peluang yang dimiliki UMKM dalam memajukan masing-masing usaha. Peluang yang dikatakan Erick Thohir dinilai besar lantaran perkembangan pada UMUM yang telah merasakan kemajuan pesat.

Adapun catatan dari pemerintah bahwa tercatat sebanyak 64 juta unit UMKM berkembang pesat akibat pemanfaatan digital di Tanah Air. Perkembangan yang dirasakan begitu pesat, hal inilah yang dikatakan sebagai peluang terbesar oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Walaupun demikian, adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 atau dikenal sebagai Covid-19 yang hingga kini masih dihadapi oleh masyarakat membuat hampir seluruh bidang dan sektor tertekan terutama UMKM. Adanya pandemi tersebut membuat banyak karyawan kehilangan pekerjaan mereka atau bahkan kehilangan usaha mereka. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan selama bertahan hidup menghadapi pandemi.

Sebagai pengusaha, perlu untuk memutar kembali pikiran dan membuat rencana kedua untuk tetap bertahan. Para pengusaha pun perlu berpikir kreatif dan inovatif demi mempertahankan dunia usaha mereka. 

Meskipun demikian, Erick Thohir menyampaikan kembali bahwa pada kondisi tertekan ini dapat dijadikan sebagai peluang sekaligus lompatan bagi para pengusaha untuk melakukan inovasi. Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN memberikan semangat kepada para pengusaha demi bertahan hidup selama pandemi.

Bagaimanapun juga Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia begitu banyak, mulai dari daratan hingga perairan, Tanah Air kita begitu berlimpah sumber daya alamnya. Oleh karena itu, jangan putus asa dalam meningkatkan kapasitas usaha. UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk pulih kembali dari keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi.

Selain sumber daya alamnya yang berlimpah, pemerintah pun juga ikut memberikan dukungan kepada para UMKM. Dukungan yang diberikan berupa insentif pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan harapan terbesarnya kepada kemudahan yang tertuang dalam insentif pajak yang diberikan kepada masyarakat. Insentif pajak tersebut tentunya sudah tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja guna mendorong kegiatan penguasa untuk lebih aktif dan produktif kembali.

Para pelaku usaha tentunya dapat memanfaatkan insentif pajak yang diberikan guna melakukan percepatan dalam pemulihan usaha mereka. Sri Mulyani berharap bahwa kas negara yang dihematkan yang digunakan untuk insentif dapat digunakan demi kegiatan para pelaku usaha dapat produktif kembali.

Article is not found
Article is not found